Now Reading:
Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulitmu Kering (Bag.1)!
Full Article 3 minutes read

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulitmu Kering (Bag.1)!

iyaa.com | Jakarta: Kulit kering terkadang bikin kita frustasi. Bagaimana tidak, kulit kelihatan bersisik, terus kalau pakai riasan, makeup nya tidak menyatu dengan kulit.

Kalau pemilik kulit kering, mungkin sering mengalami hal ini. Tapi bagaimana dengan yang kulitnya berminyak atau normal, dan tiba-tiba jadi kering? Mungkin saja kamu melakukan suatu kebiasaan yang membuat kulitmu kering.

Kebiasaan apa saja ya? Dilansir dari Reader’s Digest, berikut 10 kebiasaan yang bisa membuat kulitmu jadi kering.

1. Mandi air hangat terlalu lama

Foto: Pixabay @Pexels

Kamu tentu pernah mandi air hangat, apalagi kalau udara lagi dingin. Namun mandi dengan suhu air yang tinggi, apalagi dalam waktu lama, bisa membuat kulitmu kering karena menghilangkan kelembapan alami kulit serta mengganggu lapisan pelindung kulit.

Mandi air hangat sebentar saja, kira-kira 10 menit saja, dan dengan temperatur tidak lebih dari 84° F.

2. Mandi dengan sabun yang bahannya keras

Foto: Pixabay @ritual

Banyak yang berpikir sabun batangan mampu untuk membersihkan kulit, tapi kamu salah-apalagi kalau sabunnya mengandung deterjen dan bahan kimia yang keras. Sabun batang tradisional memakai bahan-bahan seperti surfaktan yang mana punya pH alkalin.

Produk yang ada alkalinnya dapat menganggu lapisan luar kulit dan mencegah kulit melindungi dirinya sehingga menyebabkan kering dan iritasi. Jadi ganti dengan sabun yang sifatnya gentle dan tidak jauh beda dengan asam pH kulit.

3. Eksfoliasi terlalu sering

Foto: Best Health Magazine

Eksfoliasi penting untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk di lapisan luar kulit, tapi yang perlu diingat jangan berlebihan. Kalau berlebihan, eksfoliasi dapat menyebabkan peradangan, kemerahan, kering, serta pengelupasan kulit.

Cukup eksfoliasi dengan mengikuti petunjuk produk yang kamu pakai. Dan pilih produk yang mencantumkan salicylic acid atau glycolic acid dalam ingredients-nya.

4. Salah pilih pelembap

Foto: Pixabay @saponifier

Pemilik kulit kering sebaiknya jauhi yang namanya moisturizing lotion karena akan membuat kulitmu iritasi. Lotion biasanya water-based dengan sedikit minyak, jadi mereka tidak menyerap sempurna di kulit dan justru cepat menguap.

Sebaiknya pilih pelembap yang bentuknya krim atau oinment. Dan pakai langsung setelah mandi atau mencuci muka, lalu biarkan menyerap dengan baik.

5. Kurang minum

Foto: Pixabay @Engin_Akyurt

Kita disarankan untuk minum 8 gelas sehari, dan saran itu bermanfaat secara tidak langsung untuk kulit. Kalau kita dehidrasi, kulit juga akan menunjukkan kalau dirinya dehidrasi.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.