Now Reading:
Gak Selalu Buruk, Apa Sih Manfaat Keringat untuk Kulit?
Full Article 2 minutes read

Gak Selalu Buruk, Apa Sih Manfaat Keringat untuk Kulit?

iyaa.com | Jakarta: Keringat bisa menyebabkan jerawat, pori-pori tersumbat, dan menimbulkan bintik-bintik di wajah yang tak diinginkan. Namun keringat tak selalu buruk.

Keringat juga punya manfaat untuk kulit wajah dan tubuh yang mungkin tak kita sadari. Berikut ini manfaat keringat untuk kulit yang perlu kamu tahu, dilansir dari Bustle, Jumat (27/7/2018).

1. Melindungi Kulit dari Bakteri
Ketika berkeringat, tubuh secara alami memproduksi antibiotik yang disebut dermcidin. Sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa dermcidin bekerja melindungi kulit dari bakteri seperti E.coli dan kuman seperti tuberkulosis dengan membunuhnya segera setelah terjadi kontak.

Dermcidin juga lebih efisien daripada antibiotik medis karena bakteri tidak bisa membuat resistensi dan antibiotik ini juga bisa membunuh jamur.

2. Menghidrasi Kulit
Dermatolog Dr. Neal Schultz kepada Refinery29 berkata bahwa keringat bekerja sebagai pelembap. Dijelaskan Dr Doris bahwa keringat mengeluarkan dan menghasilkan dua hal penting: urea dan sebum. Urea bertindak sebagai pelembap alami untuk kulit, sedangkan sebum adalah zat berlemak yang merupakan pelembap bawaan kulit.

Foto: Freepik

3. Mencegah Munculnya Bintik di Kulit
Keringat memang dapat menyebabkan bintik-bintik di kulit. Namun keringat juga berfungsi sebagai metode pencegahan yang bagus untuk hal-hal yang menganggu.

Dr. Neil Sadick kepada Women’s Health menjelaskan, keringat dapat memperbaiki keseluruhan kulit dengan bertindak sebagai “penghalang” bagi bakteri luar menggunakan dermcidin. Untuk mencegah munculnya bintik-bintik, caranya hanya dengan membersihkan wajah setelah kamu banyak berkeringat.

4. Detoks yang Luar Biasa
Keringat secara efektif bertindak sebagai pembersih tubuh. Setiap kali berkeringat, tubuh mengeluarkan racun dan zat seperti alkohol, garam, dan kolestrol, kata Dr. Adebola Dele-Michael kepada Medical Daily.

5. Membantu Menyembuhkan Luka
Sedikit banyak keringat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Kelenjar keringat tertentu (dikenal sebagai kelenjar eccrine) diketahui mengandung empat jenis sel induk, menurut sebuah studi pada 2012 yang dipublikasikan di jurnal Cell. Sel-sel ini mendorong kemampuan regenaratif kulit dan menyingkirkan tanda kemerahan.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.