Now Reading:
Atasi Masalah Bau Badan dengan 5 Bahan di Dapurmu
Full Article 3 minutes read

Atasi Masalah Bau Badan dengan 5 Bahan di Dapurmu

iyaa.com | Jakarta: Berkeringat merupakan hal biasa, justru bagus karena racun dalam tubuh juga ikut keluar. Yang jadi masalah adalah saat keringat bercampur dengan bakteri, dan menjadi bau badan.

Bau badan tidak hanya mengganggu kita, tapi baunya juga mengganggu orang lain sehingga membuat kita minder. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, misalnya dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur kita.

Dilansir dari Femina India, berikut 5 bahan di dapur yang ampuh untuk atasi masalah bau badan beserta cara membuatnya.

1. Lemon juice

Foto: Pixabay @MiraCosic

Lemon akan bekerja menurunkan level pH kulit sehingga membunuh bakteri penyebab bau badan. Kamu bisa mengatasi masalah bau badan pakai lemon dengan 3 cara ini.
– Potong lemon jadi setengah dan gosokkan langsung ke ketiak, peras agak kuat agar airnya keluar. Lalu biarkan mengering dengan sendirinya,
– Taburkan sedikit garam di piring. Potong lemon jadi setengah dan cocolkan ke garam yang ada di piring tadi, lalu gosok dengan perlahan ke ketiakmu. Diamkan 10 menit, lalu cuci dengan air bersih.
– Campur 1sdt cornstarch (kanji dari tepung jagung) dengan 2sdt lemon juice sehingga menjadi pasta. Aplikasikan ke ketiak lalu cuci setelah 10 menit.

2. Baking soda

Foto: Pixabay @evitaochel

Bahan di dapur ini juga bisa mengatasi masalah bau badan dengan menyerap keringat yang keluar, mengubah pH kulit, dan menekan pertumbuhan bakteri. Mengatasi bau badan dengan baking soda ada beberapa cara.
– Gunakan sebagai talc.
– Campur baking soda dan cornstarch dengan ratio 2:1, lalu bubuhkan ke ketiak atau area tubuh lain yang berpotensi bau.
– Campur 1sdt baking soda dan lemon juice, aplikasikan ke ketiak, dan cuci 5 menit kemudian.

3. Daun teh

Foto: Pixabay @ongerdesign

Tidak hanya nikmat diminum, daun teh juga bisa mengatasi masalah bau badan. Kandungan tannis di teh dapat menjaga kulit kering, serta mencegah pembentukan keringat dan bau badan.
– Panaskan air secukupnya, lalu tambahkan daun teh ke dalamnya dan tunggu hingga dingin. Kalau sudah basuh ke area yang cenderung berkeringat.
– Masak 1 liter air, kemudian tambahkan 2 kantung teh dan biarkan kantung teh tersebut selama 10 menit. Kalau sudah dilute air tadi lalu campur ke bak mandi, gunakan untuk mandi.

4. Cuka

Foto: Pixabay @rawpixel

Baik cuka biasa maupun cuka apel efektif untuk mengendalikan bau badan. Keduanya bekerja dengan mengubah pH kulit, serta menghancurkan bakteri penyebab bau badan. Cara menggunakan cuka untuk mengatasi bau badan juga mudah.
– Totolkan cuka ke area yang sering berkeringat dengan bola kapas. Bilas setelah 10-15 menit.
– Tambahkan 2sdt cuka dan beberapa tetes essential oil (peppermint, sage, atau rosemary) ke segelas air. Aduk hingga rata dan masukkan ke dalam botol spray. Lalu kamu gunakan sebagai deodoran.

5. Tomat

Foto: Pixabay @MabelAmber

Tomat merupakan antiseptik alami yang dapat menghancurkan berbagai bakteri, termasuk bakteri penyebab bau badan. Begini cara menghilangkan bau badan dengan tomat.
– Ambil daging buah tomat dan aplikasikan ke kedua ketiak. Cuci bersih setelah 10-15 menit.
– Tambahkan dua gelas jus tomat ke bak mandi dan mandi atau berendam dengan air tersebut selama 20-30 menit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.