Now Reading:
Hati-Hati, 10 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Kukumu Rusak (Bag.1)
Full Article 2 minutes read

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Kukumu Rusak (Bag.1)

iyaa.com | Jakarta: Dalam melakukan sesuatu kita sering menggunakan tangan. Sayangnya beberapa kegiatan yang menurut kita sepele dilakukan, dalam waktu lama bisa membuat kuku kita jadi rusak.

Duh, kebiasaan apa saja ya? Dilansir dari Today.com, berikut 10 kebiasaan sepele yang bisa mengakibatkan kuku jadi rusak.

1. Menggigiti kuku

Foto: Pixabay @JerzyGorecki

Tidak hanya anak-anak, kebiasaan satu ini juga sering dilakukan orang dewasa, terlebih saat sedang cemas. Menggigiti kuku membuat kuku jadi pendek, tapi kebiasaan itu punya efek jangka panjang. Jika dalam waktu lama kuku akan menjadi cacat dengan munculnya garis-garis memanjang yang timbul di kuku.

Ditambah lagi itu merupakan kebiasaan jorok. Kenapa? Sebab di bawah kuku penuh dengan kotoran, jadi kalau kamu menggigitinya artinya kamu memakan kotoran tersebut.

2. Mengelupas kutek

Foto: Pixabay @brianadams05

Kalau kamu tidak memakai kutek peel-off, jangan pernah menggaruk atau mengelupas kutekmu. Saat kutek sedikit terkelupas, kebanyakan orang akan menggaruknya daripada menghilangkannya dengan pembersih kutek. Kebiasaan ini dapat menghilangkan lapisan atas alas kukumu, sehingga kuku akan jadi lemah.

3. Memotong kutikula

Foto: Huffington Post

Banyak orang memotong kutikula mereka karena katanya mengganggu penampilan. Kutikula harusnya dibiarkan saja, soalnya kalau kamu terus memotongnya, semakin sulit untuk menghentikannya. Memotong kutikula juga membuatmu beresiko terkena infeksi.

4. Kecanduan gel

Foto: Pixabay @Iguanat

Menghilangkan gel manicure dapat melemahkan lapisan kuku karena paling sensitif saat basah. Apalagi biasanya gel manicure dilepas dengan cara menggosoknya dengan alat metal, so, lapisan atas kuku tambah melemah. Jadi pikirkan saja, kalau kamu suka gel manicure, akan selemah apa kuku kamu jadinya.

5. Pakai kutek terlalu sering

Foto: Pixabay @picjumbo_com

Ini efeknya sama seperti menggunakan gel, yang mana kutek akan membuat kuku kering. Saat kita melepas kutek yang sudah lama, kamu akan melihat bintik putih. Itu artinya kuku kamu terlalu kering.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.