Now Reading:
Hati-Hati, 10 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Kukumu Rusak (Bag.2)
Full Article 2 minutes read

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Kukumu Rusak (Bag.2)

iyaa.com | Jakarta: Cuci piring, mengelupas label, minum soda, dsb merupakan aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan tangan. Tapi apa kamu tahu kalau kebiasaan-kebiasan yang kelihatannya sepele itu bisa merusak kukumu loh.

Selain kebiasaan tadi, apa saja ya kebiasaan lainnya yang bisa merusak kuku? Dilansir dari Today.com, berikut 10 kebiasaan sepele yang sering dilakukan tapi bisa berakibat buruk pada kukumu.

6. Makan junk food

Foto: Pixabay @joshuemd

Burger, kopi, pizza, atau soda rasanya memang enak. Tapi kamu tahu kalau kuku merupakan barometer kesehatanmu. Apa yang kamu makan akan berefek pada kulit, rambut, juga kuku. Jadi kalau kukumu mudah patah, berarti pola makan kamu perlu diperhatikan kembali.

7. Memakai kuku sebagai alat

Foto: Idplate.com

Membuka selotip atau label, menggaruk stiker, atau mencongkel sesuatu biasanya kita menggunakan kuku. Menggunakan kuku sebagai ‘alat’ rupanya membuatnya jadi lemah. Akibatnya kukumu jadi mudah patah.

8. Mencuci sesuatu tanpa pakai sarung tangan

Foto: Pixabay @pagefact

Cuci piring, baju, atau sepatu umumnya kita lakukan dengan tangan telanjang alias tidak pakai sarung tangan. Padahal produk-produk pembersih tersebut tidak baik untuk kukumu.

Kuku akan membengkak saat basah, yang membuatnya mudah terkelupas dan melemahkan lapisan atas kuku. Saat kuku bertemu produk pembersih, maka setiap bagian tanganmu akan kering (plus bikin kutek mudah hilang).

9. Melewatkan SPF

Foto: Life Gate

Kebiasaan yang satu ini tidak berhubungan langsung dengan kuku, tapi salah satu bagian tubuh yang pertama kali mengalami penuaan dini adalah tangan. Jarang pakai sunscreen membuat tanganmu akan muncul keriput, kendur, dan belang. Kalau kamu pakai kutek tapi tanganmu keriput, pastinya gak enak dilihat kan.

10. Jarang pakai lotion

Foto: The Independent

Tangan yang kering tidak sehat dan juga tidak enak dilihat. Mau kamu pakai kutek mahal atau melakukan manicure, semuanya percuma kalau tanganmu kering.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.