Now Reading:
6 Fakta Seputar Mitos Kulit Kering, Yang Kulitnya Kering Wajib Baca!!
Full Article 2 minutes read

6 Fakta Seputar Mitos Kulit Kering, Yang Kulitnya Kering Wajib Baca!!

iyaa.com | Jakarta: Semua tipe kulit punya permasalahan serta cara perawatannya masing-masing, begitu juga dengan tipe kulit kering.

Contohnya seperti ini, katanya pemilik kulit kering harus rajin pakai pelembap, sering-sering mandi, atau banyak minum air putih. Tapi apa benar semua nasihat tersebut?

Daripada bingung lagi, yuk cari tahu mitos dan fakta sebenarnya dibalik kulit kering seperti dilansir dari Skincare Guide ini.

1. Mitos: Kulit kering hanya disebabkan cuaca dingin
Fakta: Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Paparan sinar UV pun juga bisa membuat kulit jadi kering. Panas matahari mengekstrak air yang ada di kulit, dan membuat kulit jadi dehidrasi dan bahkan rusak.

Foto: Pexels @Bruce Mars

2. Mitos: Mandi air panas baik untuk kulit kering
Fakta: Mandi air panas punya efek berbahaya bagi kulit, terlebih bagi yang kulitnya cenderung kering. Banyak yang mengira steam bath baik lantaran dapat menstimulasi produksi minyak di kulit. Padahal yang baik adalah mandi dengan air suam-suam kuku, bukan yang panas.

3. Mitos: Peeling treatment mengurangi kulit kering
Fakta: Peeling treatment terbukti ampuh untuk menghilangkan kulit mati, tapi juga dapat menyebabkan kulit tambah kering. Chemical peeling bahkan langsung menyebabkan flaky dan kulit jadi kering. Kalau mau melakukan peeling, baiknya setelah selesai langsung gunakan krim pelembap.

4. Mitos: Sering mandi atau berendam dapat mengurangi kekeringan kulit
Fakta: Mandi terlalu sering justru akan membuat kulit tambah kering karena minyak alami kulit justru hilang. Padahal kelenjar minyak di kulit butuh waktu agak lama (sekitar 6-18 jam) untuk memproduksinya kembali supaya bisa melembapkan kulit.

Foto: Pexels @I Love Simple Beyond

5. Mitos: Banyak minum tidak berpengaruh pada kualitas kulit
Fakta: Jumlah air yang diminum punya dampak besar bagi kualitas kulit. Minum 1,5 – 2 liter air akan mempertahankan hidrasi kulit. Kurang minum justru akan membuat kulit kering. Minuman seperti kopi dan alkohol juga berkontribusi membuat kulit dehidrasi.

6. Mitos: Produk kecantikan untuk kulit kering efektif
Fakta: Tidak semua produk yang mengklaim mengatasi kulit kering efektif. Beberapa formula bekerja dengan baik, sementara yang lainnya bahkan dapat mengiritasi kulit dan membuatnya jadi lebih kering. So, selalu lakukan patch test terlebih dulu.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.