Now Reading:
‘Liga Paranormal’, ‘Mister Tukul’, ‘Katakan Putus’ Diperingatkan KPI, Ada Apa?
Full Article 3 minutes read

‘Liga Paranormal’, ‘Mister Tukul’, ‘Katakan Putus’ Diperingatkan KPI, Ada Apa?

iyaa.com | Jakarta: Tiga program TV mendapat peringatan tertulis dari Komisi Penyiaran Indonsia (KPI): Liga Paranormal, Mister Tukul, dan Katakan Putus.

Surat peringatan untuk ketiga program tersebut tertanggal 25 Juli 2018 dan telah dirilis di website KPI. Program Trans TV dan Trans 7 telah melanggar aturan KPI terakait tayangan supranatural dan mistik.

Dalam suratnya, KPI menjelaskan bahwa Liga Paranormal (Trans TV) pada 12 Juli 2018 pukul 23.24 WIB menampilkan adegan seorang pria yang kerasukan makhluk gaib. Selain itu, ditemukan pula adegan (Ki Seno Wulung) melakukan ritual meraga sukma yang kemudian mengalami kerasukan dan mengeluarkan rambut dari mulutnya, serta seorang pria (Gus Sholeh Pati) melukis makhluk astral yang bertujuan untuk mengaitkan peristiwa kecelakaan kereta api di Bintaro.

Hal tersebut berpotensi membentuk stigma masyarakat bahwa peristiwa tersebut berkaitan dengan hal gaib. KPI sendiri telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1152/K/KPI/11/15 tertanggal 3 November 2015 tentang Praktik Astral Projection.

Sementara Mister Tukul (Trans 7) pada 13 Juli 2018 mulai pukul 21.41 WIB menampilkan adegan seorang pria (Sholeh Pati) yang memegang keris dan melakukan adegan layaknya sedang berperang karena kerasukan oleh penunggu keris tersebut.

Selain itu, terdapat pula adegan seorang wanita (Chintya Sari) yang memegang keris Nyi Roro Kidul sambil menari karena kerasukan oleh penunggu keris tersebut.

KPI menilai hal ini berpotensi melanggar Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf b SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan dan melindungi kepentingan anak-anak dan remaja serta larangan menampilkan muatan yang mendorong remaja percaya pada kekuatan mistik.

Mister Tukul pun diminta memindahkan jam tayang ke jam tayang dewasa pada pukul 22.00-03.00 waktu setempat.

Katakan Putus (Trans TV) juga melakukan pelanggaran yang sama seperti Mister Tukul. Pada 25 Juni 2018 mulai pukul 15.44 WIB, Katakan Putus menampilkan konflik asmara antara seorang pria dan wanita, dimana pria tersebut disukai oleh jin perempuan. Selain itu, ditemukan pula adegan seorang pria yang mengalami kesurupan.

Tayangan lainnya yang juga diperingatkan KPI adalah GOST (Gosipin Setan) di Trans TV. Melalui surat tertangggal 17 Juli 2018, KPI menjelaskan program siaran ini menampilkan seorang wanita (Ria Winata) yang menceritakan pengalamannya bertemu dengan makhluk gaib dan adegan kesurupan saat menceritakan salah satu kisah tersebut.

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.