Now Reading:
Sejumlah Program Dapat Sanksi KPI, Ada ‘Hitam Putih’ dan ‘Pesbukers’
Full Article 2 minutes read

Sejumlah Program Dapat Sanksi KPI, Ada ‘Hitam Putih’ dan ‘Pesbukers’

iyaa.com | Jakarta: Dalam keterangan di website resminya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan surat teguran dan peringatan kepada sejumlah program TV.

Di antaranya Hitam Putih (Trans 7), yang ditegur KPI atas pelanggaran pada episode 18 Juli 2018. Hitam Putih menampilkan dialog sepasang anak laki-laki dan perempuan yang menikah di usia dini. Telah dilakukan penyamaran wajah terhadap kedua anak, namun wajah ibu dan nenek kedua anak yang dimaksud tidak turut disamarkan dan terdapat penyebutan identitas nama kedua anak tersebut yakni “Arifin dan Ira”.

KPI menilai hal ini berpotensi membentuk stigma masyarakat dan menimbulkan dampak psikologis terhadap kedua anak tersebut. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja.

Sementara Pesbukers (ANTV) mendapat peringatan karena tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan dan kesusilaan serta perlindungan anak. Pesbukers menampilkan adegan beberapa orang pria dan wanita yang naik ke atas meja pada tayangan 20 Juli 2018 pukul 17.40 WIB.

Selain itu, KPI juga memberi peringatan kepada Opera Van Java (Trans 7) lantaran merendahkan orang dan/atau kelompok masyarakat tertentu. Yakni, menampilkan adegan seorang pria (Parto) yang memarodikan adegan dari rekaman video sebagai tunanetra pada tayangan 20 Juli 2018 pukul 21.09 WIB.

Reality show Kembali Pada-Mu (SCTV) juga mendapat peringatan kerena menampilkan mayat seorang pria yang bagian mata dan mulutnya terbuka pada tayangan 26 Juli 2018 pukul 13.15 WIB.

Sedangkan reality show Tercyduk (SCTV) ditegur KPI karena mengabaikan hak privasi. Program ini menampilkan adegan dua orang wanita yang merupakan istri pertama dan kedua terlibat konflik yakni saling dorong dan menjambak rambut hingga tercebur ke dalam danau. Selain itu, terdapat pula adegan seorang pria yang menceraikan istrinya dengan mengucapkan talak.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.