Now Reading:
Gak Sangka, 4 Hal Ini Bikin Kulitmu Cepat Tua Loh
Full Article 2 minutes read

Gak Sangka, 4 Hal Ini Bikin Kulitmu Cepat Tua Loh

iyaa.com | Jakarta: Merokok dan minum alkohol merupakan salah satu penyebab kulitmu menua lebih cepat. Tapi selain itu, ada hal yang rupanya sering kamu lakukan, tapi kamu tidak tahu kalau itu bisa bikin kulitmu menua lebih cepat.

Duh, hal apa ya? Seperti dilansir dari Pop Sugar, dermatologis Dr. Jaliman memaparkan kalau 4 hal tak terduga ini juga bisa bikin wajahmu menua lebih cepat loh.

1. Pola makan

Foto: Pixabay @AJEL

Menurut Dr. Jaliman, mengkonsumsi makanan manis dapat menyebabkan efek negatif bagi kulit. Rupanya gula melengketkan (glycation) kolagen dan mengikatnya, yang membuat kulit jadi tua. Artinya semakin banyak kamu makan-makanan manis, maka permukaan kulitmu jadi lemah dan membuat garis halus serta keriput lebih terlihat.

2. Sarung bantal

Foto: Pixabay @Free-Photos

Saat tidur sel-sel kulit kita diperbaharui kembali, jadi Dr. Jaliman menyarankan untuk memakai sarung bantal dari satin. Soalnya sarung bantal berbahan lain ketika bergesekan dengan wajah membuat kulit jadi keriput.

3. Berjemur

Foto: Pixabay @TerriC

Bahaya sinar UV bermacam-macam, salah satunya penuaan. Bahkan kalau kamu hanya terpapar selama 10 menit, kulitmu bisa menua lebih cepat dan juga terkena berbagai masalah lainnya. Selalu gunakan sunscreen (yang bertuliskan broad-spectrum) untuk memastikan kulitmu terlindungi.

4. Terpapar polusi

Foto: Pixabay @echosystem

Tinggal di kota besar pastinya kita akan sering terpapar polusi. Kalau kamu berjalan kaki-baik sekolah atau bekerja-di jalanan penuh polisi maka kulitmu bisa terkena masalah. Dr. Jaliman menyarankan untuk memakai produk yang mengandung antioksidan di dalamnya untuk melawan radikal bebas seperti polusi.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.