Now Reading:
Bukan Cuma Kulit Kepala Kering, 5 Hal Ini Juga Bikin Rambutmu Berketombe
Full Article 2 minutes read

Bukan Cuma Kulit Kepala Kering, 5 Hal Ini Juga Bikin Rambutmu Berketombe

iyaa.com | Jakarta: Masalah ketombe sering bikin kita jadi gak percaya diri. Banyak yang percaya kalau ketombe datang karena kulit kepala kamu kering, padahal gak hanya itu saja loh penyebabnya.

Dilansir dari Reader’s Digest, selain karena kulit kepala kering, 5 hal berikut ini juga bisa bikin rambutmu ketombean.

1. Sensitif terhadap jamur rambut

Foto: elover.us

Kamu berketombe bisa jadi karena berkembangnya mikroba jamur yang disebut pityrosporum orbiculare. Mikroba tersebut mengisap minyak kulit, itu menjelaskan kenapa orang yang rambutnya lepek lebih rentan berketombe.

2. Stress

Foto: Pixabay @MasimbaTinasheMadondo

Kalau tahu-tahu kamu berketombe, itu artinya kamu butuh relaksasi. Soalnya stress memperburuk masalah kulit apa pun karena melemahkan sistem imun, salah satu tandanya adalah muncul ketombe yang disertai rasa gatal.

3. Tidak keramas atau tidak bilas shampoo dengan bersih

Foto: Pixabay @SocialButterflyMMG

Ketombe dapat disebabkan menumpuknya sebum atau keringat di kulit kepala, keramas dapat mengurangi minyak dan mengontrol ketombe. Kalau bermasalah dengan ketombe, pilih shampoo yang mengandung tea tree oil karena kandungannya dapat mengatasi masalah ketombe. Kalau sudah, jangan lupa bilas sampai bersih. Kalau tidak maka sisa shampoo di kulit kepala akan dihisap oleh mikroba pityrosporum orbiculare.

4. Pola makan yang tidak benar

Foto: Pixabay @dbreen

Para ahli tidak mengatakan kalau ketombe disebabkan pola makan yang buruk. Hanya saja memang ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan masalah itu, apalagi kalau kamu memang cenderung ketombean. Makanan yang dimaksud adalah makanan dengan lemak jenuh karena akan menyebabkan kelenjar sebum memproduksi minyak lebih banyak, sehingga ketombe makin parah.

5. Over-styling pada rambut

Foto: Pixabay @artursfoto

Menggunakan pomade atau minyak rambut dapat memperparah ketombe karena mikroba di rambut mengisapnya dan membuat mereka berkembang biak. Lalu hindari juga memakai hair spray atau mousses kalau menurutmu kamu berketombe karena mereka. Produk-produk rambut dapat menumpuk di kulit kepalamu sehingga membuatnya lepek.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.