Now Reading:
Jangan Lakukan 5 Hal Ini Kalau Ingin Kulitmu Terlihat Flawless!
Full Article 3 minutes read

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Kalau Ingin Kulitmu Terlihat Flawless!

iyaa.com | Jakarta: Kulit merupakan organ tubuh terbesar, jadi sangat penting untuk merawatnya agar tetap cantik. Dan kalau kamu ingin kulitmu tetap cantik, jangan pernah lakukan 5 hal ini karena bakal bikin kulitmu bermasalah.

Apa saja ya yang tidak boleh kita lakukan ke kulit ya? Dilansir dari Huda Beauty, berikut 5 hal yang harus kamu hindari ke kulitmu agar tetap flawless.

1. Over-exfoliating

Foto: Be Asia

Eksfoliasi baik untuk kulit karena dapat menghilangkan sel kulit mati, tapi kalau terlalu sering dilakukan maka lapisan permukaan kulitmu akan menipis sehingga mudah infeksi dan terpapar polusi lingkungan.

Supaya kamu tidak over-exfoliating, hindari terlalu memberi tekanan dan gunakan eksfoliator yang sifatnya gentle. Untuk kulit kering dan sensitif, lakukan eksfoliasi seminggu sekali. Bagi pemilik kulit normal lakukan eksfoliasi 2x seminggu, dan untuk pemilik kulit berminyak dan kombinasi lakukan 3x seminggu.

2. Memencet/menyentuh jerawat

Foto: Chakru

Saat muncul jerawat di wajah, tangan kita sadar atau tidak ingin menyentuh bahkan memencet jerawat tersebut. Tapi semakin kamu sentuh dan pencet, maka akan semakin meradang jerawatmu.

Saat memencet jerawat, maka bakteri dari jarimu akan berpindah ke wajah dan masuk ke pori-pori. Hal itu akan membuat jerawatmu tumbuh kembali, dan kemungkinan lebih banyak dibanding sebelumnya.

3. Tidak melindungi kulit

Foto: Healthline

Kamu tahu kamu diharuskan memakai sunscreen setiap hari, tapi apa kamu tahu alasannya? Rupanya matahari bertanggung jawab 90% terhadap penuaan kulit (selain faktor genetik ya). So, jangan pernah lewatkan memakai sunblock.

Cari produk yang kandungannya minimal SPF30 dan PA++++. SPF melindungi kulitmu dari sinar UVB yang dapat membakar kulit, sementara UVA (atau PA) melindungi dari sinar UVA yang dapat menembus lapisan kulit dan menghancurkan kolagen.

4. Melupakan leher dan mata

Foto: Pixabay @LUM3N

Orang umumnya hanya merawat wajah dan melewatkan area leher dan mata. Padahal dua area tersebut merupakan area yang paling awal menunjukkan tanda penuaan. Jadi misalkan kulit wajahmu flawless tapi lehermu tidak, kamu tetap akan terlihat lebih tua.

5. Pakai produk yang sama terus menerus

Foto: Purestuf

Kamu mungkin sudah menemukan produk holy grail kamu. Sayangnya kamu tidak bisa memakai produk itu terus menerus. Soalnya kulitmu butuh perubahan dan beradaptasi dengan bahan aktif di produk kecantikanmu, kalau dipakai terus menerus maka produk itu jadi kurang efektif lagi.

So, penting banget untuk mengetahui tipe kulitmu dan selalu ganti produk perawatan kulitmu kurang lebih setiap 6 bulan. Soalnya ada banyak hal yang mempengaruhi produk skincare kamu, seperti hormon, stress, sampai usia.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.