Now Reading:
5 Kesalahan Besar Saat Catokan yang Bikin Rambutmu Bakal Rusak Parah
Full Article 3 minutes read

5 Kesalahan Besar Saat Catokan yang Bikin Rambutmu Bakal Rusak Parah

iyaa.com | Jakarta: Catokan sering dilakukan banyak perempuan, baik karena ingin rambutnya jadi rapi, ingin cepat kering, atau hanya sekadar mencoba gaya rambut baru.

Tapi banyak yang asal saat memakai alat satu ini. Padahal kalau kamu asal memakainya, rambutmu yang jadi korbannya. Apa saja kesalahan besar yang sering dibuat saat mencatok rambut? Dilansir dari The List, berikut 5 kesalahan besar saat catokan yang bikin rambutmu tambah rusak.

1. Catokan saat rambut basah

Foto: Allure

Saat buru-buru dan gak punya hairdryer, catokan sering jadi solusinya. Padahal mencatok rambut saat rambut masih dalam keadaan lembap menciptakan uap dan menyebabkan gelembung terbentuk dalam serat rambut, sehingga muncul retak di sepanjang batang rambut.

Saat retakan tersebut mencapai helaian kutikel, maka rambut akan bercabang dan patah. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya blow dryer dulu baru catok setelahnya supaya tidak terlalu berbahaya bagi rambut.

2. Menge-set catokan terlalu panas

Foto: Huffington Post

Tak jarang perempuan yang men-setting alat pelurus rambutnya dengan suhu tinggi supaya lebih hemat waktu. Padahal cara itu justru akan membahayakan rambutmu.

Semua orang punya rambut berbeda, jadi tidak ada angka yang pasti untuk temperatur suhunya. Tapi secara umum, diamkan di temperatur 300-325 kalau rambutmu tipis, dan diamkan di suhu 325-350 untuk yang punya rambut tebal.

3. Pakai catokan yang salah

Foto: The List

Dari sekian banyak catokan yang umum dipakai adalah tourmaline, ceramic, atau titanium. Salah satu dari ketiga alat itu tentunya cocok dengan rambutmu. Tapi kalau bingung memilihnya, ikuti panduan berikut ini.

Tourmaline baik untuk hampir semua tipe rambut dan tidak terlalu merusak rambut. Kalau rambutmu tebal, sebaiknya gunakan catokan titanium sebab titanium menghantarkan panas lebih cepat. Sementara catokan ceramic baik untuk hampir semua tipe rambut karena menghantarkan panas lebih cepat, tapi kalau rambutmu rusak jangan pakai catokan ini ya.

4. Tidak pakai pelindung panas (heat protectant)

Foto: Business Insider UK

Seperti kulit yang perlu dilindungi dari panas sinar UV, rambutmu juga perlu dilindungi dari panas catokan rambut. So, kamu perlu yang namanya heat styling protectant sebelum mencatok rambut.

5. Salah shampoo dan kondisioner

Foto: Pixabay @jackmac34

Kamu bisa memakai produk atau alat paling bagus, tapi kalau shampoo dan kondisioner kamu salah maka semuanya percuma. Kebanyakan produk perawatan rambut mengandung sulfat yang membuat rambut jadi kering.

Jadi kalau kamu sering catokan atau blow, baiknya gunakan shampoo dan kondisioner yang sulfate-free agar rambut tetap sehat dan terjaga bentuknya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.