Now Reading:
Mudah dan Murah, Contek DIY Cleanser dari 3 Bahan Alami Ini
Full Article 2 minutes read

Mudah dan Murah, Contek DIY Cleanser dari 3 Bahan Alami Ini

iyaa.com | Jakarta: Membersihkan wajah sangat penting untuk menghilangkan semua kotoran, debu, sisa makeup, minyak, serta sel kulit mati yang menempel di wajah.

Tapi kalau cleanser yang kamu pakai tidak bisa melakukan itu, kamu bisa membuat cleanser sendiri dari bahan alami yang pastinya akan menghilangkan semua kotoran sampai sel kulit mati di wajahmu itu.

Bahan apa saja ya yang bisa kamu gunakan untuk membuat cleanser, dan bagaimana cara membuatnya? Dilansir dari Femina India, berikut bahan-bahan yang diperlukan beserta cara membuatnya.

1. Yogurt

Foto: The Splendid Table

– Campur 1sdt yogurt dan setengah mentimun dalam food processor atau blender. Lalu cuci muka dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Aplikasikan campuran yogurt-mentimun tadi ke wajah dan bilas setelah 15 menit.

– Ambil yogurt dan gram flour dalam jumlah sama ke dalam mangkuk, lalu campur hingga membentuk pasta. Kalau sudah jadi pasta, cuci wajahmu dengan air dan keringkan. Baru pakaikan pasta tadi ke wajah dan biarkan mengering kurang lebih 10-15 menit. Setelahnya bilas dengan air hangat.

2. Madu

Foto: Pixabay @onefox

– Campurkan 1sdt madu murni dan 1/2sdt gel lidah buaya. Aplikasikan campuran tadi ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin setelah 20 menit.

– Campurkan madu dan perasan jeruk lemon segar dengan rasio 2:1. Gosokkan ke telapak tanganmu sampai hangat lalu aplikasikan tipis-tipis ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kemudian bilas lagi dengan air dingin untuk meminimalkan ukuran pori-pori.

3. Oatmeal

Foto: Pixabay @Tabeajaichhalt

– Didihkan secangkir oatmeal dalam 1/2 liter air atau susu selama 30 menit. Saring airnya dan aplikasikan ke wajah dan leher menggunakan bola kapas. Cuci setelah 10-15 menit. Kamu bisa menyimpan sisa cairan tadi di kulkas hingga 3 hari.

– Ambil 1-2sdt oatmeal bubuk ke dalam mangkuk. Kemudian campur dengan susu atau dadih, aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan ke kulit dan diamkan hingga 20 menit. Cuci dengan air hangat setelahnya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.