Now Reading:
Punya Tanda yang Sama, Ini Cara Membedakan Kulit Berminyak dan Dehidrasi
Full Article 2 minutes read

Punya Tanda yang Sama, Ini Cara Membedakan Kulit Berminyak dan Dehidrasi

iyaa.com | Jakarta: Kamu selama ini tahunya kalau pori-pori besar, produksi minyak berlebih (khususnya area T-Zone), dan wajah yang mengkilap merupakan tanda kulit berminyak. Tapi bagaimana kalau sebenarnya itu bukanlah tanda kulit berminyak?

Pasalnya kulit yang dehidrasi juga memiliki tanda-tanda seperti itu. Lalu bagaimana cara membedakannya? Dilansir dari Cosmopolitan Philipina, berikut 5 cara membedakan kulit berminyak dan kulit dehidrasi.

1. Terasa berminyak dan kering dalam waktu bersamaan
Karena kulitmu kurang air, maka dia mencoba mengatasinya dengan memproduksi banyak sebum. Untuk mengetahui kulitmu berminyak atau dehidrasi, kamu perlu menempelkan blotting paper lalu perhatikan setelahnya, apa kulitmu terasa kering dan ketarik atau tidak.

2. Muncul flaky patches
Kalau sebelumnya kulitmu gak pernah yang namanya flaky dan sekarang kamu mengalaminya, itu artinya kulitmu dehidrasi.

Foto: StyleCraze

3. Dark circle terlihat jelas
Kamu sudah tidur dengan cukup, tapi ada dark circle di bawah mata. Itu tanda-tanda kalau kulitmu dehidrasi, dimana dehidrasi ditandai dengan kulit yang kusam dan lelah.

4. Muncul garis halus
Kalau usiamu baru 20-an tapi garis halus sudah muncul, kamu perlu hati-hati. Kamu perlu melakukan tes turgor, yaitu dengan mencubit pipi kamu dan menariknya sedikit. Kalau kulitmu langsung kembali seperti semula maka kamu aman. Namun kalau kulitmu butuh waktu lama kembali seperti semula, itu artinya kulitmu dehidrasi.

5. Jadi lebih sensitif
Salah satu penyebab kulit dehidrasi adalah penggunaan produk skincare dengan bahan kimia yang keras. Efeknya kulitmu jadi lebih sensitif dari biasanya. Kalau kamu merasakan ini, artinya kamu perlu mengganti produk skincare kamu dan coba produk dengan formula water base yang lembut di kulit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.