Now Reading:
Benarkah Setting Spray Bisa Membuat Makeup Awet Seharian?
Full Article 2 minutes read

Benarkah Setting Spray Bisa Membuat Makeup Awet Seharian?

iyaa.com | Jakarta: Menyemprotkan setting spray setelah merias wajah berguna untuk membuat makeup tahan lama. Namun apakah produk yang satu ini benar-benar membuat makeup jadi lebih maksimal?

Gloria Elias-Foeillet (makeup artist Kelly Clarkson, Alessandra Ambrosio, dan Emily Ratajkowski) membenarkan bahwa setting spray memang sangat bermanfaat.

Setting spray benar-benar membuat perbedaan dalam makeup. Produk ini memperpanjang aplikasi riasanmu,” kata Gloria, dilansir dari Byrdie.

“Biasanya kita menyemprotkannya setelah selesai merias wajah. Tapi kadang-kadang jika aku ingin riasan lebih waterproof, aku menyemprotkannya di setiap aplikasi makeup (misalnya setelah base makeup, riasan mata, blush, bedak, dst),” ujarnya.

Foto: Beautyheaven

Setting Spray Beralkohol atau Berbasis Air?
Mia Yang (makeup artist Cara Delevingne dan Eiza Gonzalez) menjelaskan bahwa setting spray ideal untuk pemakaian makeup berat, seperti saat acara pernikahan, berkat bahan yang dikandungnya.

“Setting spray biasanya mengandung berbagai jenis polymer dan beberapa di antaranya mengandung alkohol. Bahan-bahan ini bekerja sangat baik untuk menjaga riasan seharian penuh,” jelas Mia.

Namun alkohol bisa membuat kulit menjadi kering, bahkan iritasi. Jadi perlu hati-hati saat memakainya.

“Ingat bahwa bahwa bahan-bahan tersebut bukan ingredient dalam skincare. Jadi setting spray bukan untuk pemakaian sehari-hari. Semprotan ringan sudah lebih dari cukup,” kata Mia.

Sementara setting spray berbasis air biasanya lebih menghidrasi. Namun menurut Gloria, setting spray beralkohol dapat bekerja lebih baik.

“Bahan yang benar-benar membuat perbedaan adalah alkohol. Setting spray beralkohol cenderung lebih efektif, lebih punya daya tahan,” jelasnya.

Setting spray mirip dengan hair spray. Hair spray mengandung alkohol cenderung lebih mampu menahan rambut meski dapat membuat rambut kering.


Leave a Reply