Now Reading:
6 Masalah Kulit Ini Muncul karena Terlalu Banyak Pakai Produk Skincare
Full Article 2 minutes read

6 Masalah Kulit Ini Muncul karena Terlalu Banyak Pakai Produk Skincare

iyaa.com | Jakarta: Kulit mulus jadi dambaan banyak perempuan. Maka tak heran produsen kecantikan berlomba-lomba merilis produk kecantikan baru dengan bermacam-macam klaim.

Saking ingin kulitnya mulus, tak sedikit perempuan jadi menggunakan banyak produk skincare. Padahal penggunaan banyak produk skincare juga tidak baik hasilnya, yang ada kulit jadi mengalami 6 hal ini.

Dilansir dari Insider, berikut 6 tanda yang menunjukkan kalau kulitmu menggunakan terlalu banyak produk skincare.

1. Eksfoliasi berlebih menimbulkan iritasi
Ada banyak cara untuk melakukan eksfoliasi, misalnya dengan acids, scrubbing, brushes, mikrodermabrasi (microdermabrasion), krim retinol, dll. Tapi menggunakan lebih dari satu metode ini dapat membuat kulitmu kemerahan dan lebih sensitif pada matahari.

2. Breakout
Kalau kulit lagi breakout, tak jarang kamu menggunakan banyak produk untuk mengatasinya. Dermatologis asal New York memaparkan kalau menggunakan banyak produk acne-fight justru dapat membuat produk-produk tersebut sifatnya jadi counterproductive alias akan melawan satu sama lain. Hasilnya breakout kamu semakin parah dan kulitmu justru jadi kering.

Foto: Everyday Health

3. Muncul ruam dan gatal-gatal
Kalau kulitmu tahu-tahu kemerahan atau gatal, itu tandanya produk-produk yang kamu pakai ada yang tidak cocok dengan kondisi kulitmu. Penyebabnya pun beragam, misalnya karena bahan pengawet, parfum, atau acrylates yang terdapat dalam produk skincare.

4. Kulit terasa ketarik
Kulit yang seperti ketarik tandanya kulitmu kurang kelembapan. So, kalau kamu habis cuci muka dan merasa kulitmu ketarik, segera cari produk yang pH balance dan mengandung bahan yang lembut. Pasalnya kulit yang terasa ketarik dapat melemahkan kesehatan kulit dan meningkatkan produksi minyak, keriput, juga pori-pori besar.

Foto: Beauty Banter

5. Kulitmu ‘shining’ tapi bukan oily
Kamu bukan pemilik kulit berminyak tapi kulitmu terlihat shining, coba cek lagi berapa kali kamu melakukan eksfoliasi. Pasalnya kondisi ini menunjukkan kalau kamu over-exfoliating, dimana sel kulit mati yang terangkat jumlahnya lebih dari yang seharusnya.

6. Terlalu berminyak tanda kulitmu kering
Banyak orang yang minyak alami kulitnya seimbang, tapi karena tahu-tahu berminyak jadinya mereka menggunakan produk yang mengontrol minyak. Padahal minyak di wajah mencoba untuk memberitahu kamu kalau mereka sebenarnya sedang kurang kelembapan. So, buat yang bukan tipe oily skin, kalau kulitmu tahu-tahu berminyak lebih banyak, kurangi produk skincare yang sifatnya mengurangi minyak.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.