Now Reading:
Berhenti Percaya 5 Mitos Seputar Kulit Dehidrasi Ini! Faktanya Ternyata Berbeda
Full Article 2 minutes read

Berhenti Percaya 5 Mitos Seputar Kulit Dehidrasi Ini! Faktanya Ternyata Berbeda

iyaa.com | Jakarta: Banyak orang mengira kulit dehidrasi sama dengan kulit kering. Itu sebabnya banyak yang mengatasi masalah kulit dehidrasi seperti mengatasi masalah kulit kering.

Yang paling sering dilakukan adalah memakai pelembap bertekstur krim. Tapi apa benar cara itu bisa mengatasi kulit dehidrasi, atau itu hanya mitos saja? Biar gak bingung, cari tahu mitos dan fakta seputar kulit dehidrasi berikut ini, seperti dilansir dari The Beauty Issue.

1. Mitos: Kamu hanya perlu minum banyak air
Fakta:
Kamu memang harus minum, tapi tidak perlu sampai berlebihan. Sel kulit mati menetap di permukaan kulit punya sedikit atau tidak sama sekali kadar air. Seberapa banyak kamu minum air tidak akan mengubah itu. Kamu perlu minum agar tubuh dan kulitmu sehat, tapi itu tidak mengatasi masalah kulit dehidrasi.

2. Mitos: Scrub semuanya
Fakta:
Seringnya orang langsung men-scrubbing wajah saat kulit terlihat flaky. Padahal kulit flaky merupakan indikasi sedang tidak seimbang dan bisa menyebabkan iritasi serta kulit jadi lebih sensitif.

Men-scrubbing atau metode eksfoliasi lainnya malah akan membuat kulit semakin parah. Untuk mengatasinya mulai dengan perawatan wajah mendasar: pembersih wajah yang gentle, serum dengan kandungan hyaluronic acid, pelembap, serta SPF.

Foto: YouTube Thanh Thanh Ging

3. Mitos: Bisa diatasi dengan face mist
Fakta:
Ini sama seperti minum air, sama sekali tidak membantu! Kebanyakan orang langsung menyemprotkan face mist tanpa pakai serum atau pelembap sebelumnya, padahal cara ini justru akan memperburuk masalah kulitmu. Kenapa?

Air yang disemprotkan akan menguap ke udara bersama dengan kelembapan alami kulitmu. Apalagi kalau kamu sedang di tempat yang membuat kulit kering, seperti ruangan ber-AC atau pesawat.

4. Mitos: Butuh pelembap yang ‘rich’
Fakta:
Biasanya orang mengatasi masalah kulit dehidrasi dengan memakai pelembap yang bertekstur krim. Pelembap tersebut bagus untuk kulit kering, tapi tidak berefek apapun pada kulit dehidrasi.

5. Mitos: Tidak berhubungan dengan pola makan
Fakta:
Pola makan juga berpengaruh loh, terutama kalau kamu kekurangan asupan asam lemak esensial (essential fatty acids). Atasi dengan memakai pelembap berkualitas tinggi (biasanya mereka mengadung fatty acids), serta makan-makanan yang mengandung asam lemak esensial seperti seafood, telur, biji labu, walnut, bayam, dan kale.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.