Now Reading:
Bikin Rusak Bulu, 5 Kesalahan Ini Biasa Kamu Lakukan dengan Brush Makeup
Full Article 2 minutes read

Bikin Rusak Bulu, 5 Kesalahan Ini Biasa Kamu Lakukan dengan Brush Makeup

iyaa.com | Jakarta: Brush merupakan salah satu aplikator makeup yang banyak dipakai orang. Bentuknya yang berbeda-beda cocok untuk mengaplikasikan produk-produk tertentu.

Sayangnya penggunaan brush yang salah bisa membuat bulu brush kamu jadi rusak. Dan itu bisa disebabkan oleh beberapa hal yang biasa kita lakukan sehari-hari. Apa saja ya kesalahan yang sering kita lakukan?

Dilansir dari Be Beautiful In, berikut 5 kesalahan yang sering kamu perbuat dan bikin bulu brush rusak.

1. Lupa bersihkan gagang

Foto: Pinterest

Mencuci brush makeup penting supaya terjaga kebersihannya. Akan tetapi kebanyakan orang hanya membersihkan bulu brush saja, sementara gagangnya tidak. Padahal cara itu salah karena bakteri dan kuman di gagang dapat berpindah ke bulu-bulu.

Jadi kalau kamu hanya bersihkan bulu brush tapi tidak dengan gagangnya itu sama saja kamu melakukan hal yang sia-sia. Mulai sekarang, cuci seluruh brush makeup kamu, baik bulu brush nya maupun handle-nya.

2. Meletakkannya asal-asalan

Foto: Pixabay/Monfocus

Setelah dicuci tentu kamu harus mengeringkan brush nya bukan. Namun banyak orang menjemur brush di kamar mandi lantaran menunggu airnya berjatuhan. Padahal kamar mandi merupakan tempat lembap, yang artinya bakteri banyak menetap disitu.

Cara mengeringkan brush yang tepat adalah di tempat kering dan pastikan posisi brushnya dalam keadaan berdiri tegak.

3. Memakainya dengan kasar

Foto: Pixabay/angeljana_

Sesuatu yang baru tentunya membuat kamu excited, begitu juga dengan brush. Namun kalau kamu menekan brush makeup ke kulitmu, bulu-bulunya justru akan rusak. Terlebih kalau kamu menggunakannya untuk blending. Mulai sekarang usapkan brush kamu dengan lembut saat mengaplikasikan atau saat mem-blending makeup.

4. Tidak menggunakan brush sintetis

Foto: Pixabay/Free-Photos

Brush makeup natural dapat menyebabkan alergi pada kulitmu. Ditambah lagi mereka juga cenderung menyerap banyak produk. So, pastikan aplikator yang kamu pakai adalah brush sintetis sehingga meminimalkan reaksi alergi juga lebih irit produk.

5. Tidak menggunakan brush makeup yang tepat

Foto: Pixabay/pompi

Brush terdiri dari beberapa jenis lantaran memang dikhususkan untuk mengaplikasikan produk makeup yang berbeda-beda. Menggunakan brush yang bukan fungsinya akan membuat riasan kamu justru terlihat unblended.

Jadi camkan baik-baik, pakai fan brush untuk highlighter, buffing brush untuk loose powder, angled brush untuk mengkontur wajah, dan flat brush untuk mengaplikasikan foundation.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.