Now Reading:
Sodium Lauryl Sulfate (SLS), Ingredients yang Umum Ditemui dalam Cleanser
Full Article 1 minutes read

Sodium Lauryl Sulfate (SLS), Ingredients yang Umum Ditemui dalam Cleanser

iyaa.com | Jakarta: Di dalam produk-produk personal care, salah satu ingredients yang sering kamu temukan adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS).

Tapi apa sih kandungan tersebut? Manfaatnya apa ya? Daripada penasaran terus, simak penjelasannya di bawah ini.

Sodium Lauryl Sulfate merupakan zat yang biasa digunakan dalam produk skincare seperti cleanser wajah, sabun mandi, shampoo, dan produk yang menghasilkan busa.

Foto: Rocky Mountain Soap Company

Ingredients satu ini dikenal dapat menyebabkan reaksi sensitifitas (iritasi, kemerahan, kering) pada beberapa orang. Itu sebabnya SLS diperbolehkan hanya dipakai dalam takaran 1% saja di produk-produk perawatan kulit. Meski dikenal dapat membuat kulit sensitif, bukan berarti kandungan ini sama sekali tidak bermanfaat.

Di kosmetik, SLS sering digunakan sebagai emulsifier atau surfaktan. Sebagai emulsi, kandungan ini membantu menstabilkan dan mengentalkan larutan untuk mendapatkan tekstur yang seragam agar mudah diaplikasikan.

SLS juga membuat kulit lebih mudah ditembus sehingga memungkinkan penyerapan molekul peningkat kulit yang lebih baik. Jadi membersihkan wajah dengan produk yang mengandung SLS dapat memberikan pembersihan yang mendalam (deep cleaning).


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.