Now Reading:
Waspada 5 Kesalahan Saat Mandi Ini! Akibatnya Buruk Buat Kulitmu
Full Article 2 minutes read

Waspada 5 Kesalahan Saat Mandi Ini! Akibatnya Buruk Buat Kulitmu

iyaa.com | Jakarta: Tidak hanya bikin kulit bersih dan menyegarkan tubuh saja, mandi juga bisa bikin masalah buat kulitmu loh. Hal itu terjadi karena kamu melakukan kesalahan tanpa disadari.

Kesalahan seperti apa ya? Dilansir dari Huda Beauty, berikut 5 kesalahan saat mandi yang bisa bikin kulitmu bermasalah.

1. Mandi dengan air terlalu panas
Saat hujan tentu enaknya mandi dengan air yang hangat, tapi kamu perlu perhatikan suhunya. Soalnya air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami kulit. Akibatnya, kulit jadi kering, gatal, hingga muncul ruam.

Ditambah lagi, jangan terlalu lama mandinya. Waktu yang ideal mandi dengan air hangat adalah 5-10 menit, kalau kamu keramas setidaknya jangan lebih dari 15 menit.

2. Cukuran sebelum mandi
Biasanya orang bercukur sebelum mandi agar bulu-bulu hilang saat dibilas air. Padahal waktu yang baik untuk cukuran adalah saat selesai mandi, kira-kira 10 menit setelah mandi.

Setelah mandi kondisi bulu akan lebih lemah dan pori-pori juga terbuka. Itu akan membuatmu dapat mencukur lebih dekat ke akar. Dan pastikan pisau cukurmu ada di luar kamar mandi, karena kalau di dalam maka uap air dapat membuat tumpul pisau cukur.

Foto: Reader’s Digest

3. Tidak maskeran saat mandi
Para ahli berkata kalau waktu terbaik untuk maskeran adalah saat mandi, karena saat itu pori-porimu terbuka akibat air hangat.

Kalau maskerannya dengan hydrating mask atau nourishing mask, kandungan kedua masker itu dapat masuk lebih dalam dengan mudah. Sementara kalau masker lumpur, clay, atau charcoal, mereka akan mengeluarkan racun dari kulit tanpa membuat kulitmu jadi dehidrasi.

4. Pakai spons mandi yang sudah lama
Spons mandi menyimpan bakteri dan jamur karena kondisinya yang selalu lembap. Itu sebabnya kita harus tega untuk membuang benda satu ini. Idealnya penggunaan spons mandi hanya 1 bulan, jadi segera buang dan ganti spons mandimu sebulan sekali.

Tapi kalau kamu ingin spons mandimu bertahan lama, kamu perlu menyimpannya di luar kamar mandi atau tempat kering. Dan biarkan sponsmu mengering sepenuhnya sebelum digunakan kembali.

5. Tidak langsung pakai pelembap
Waktu terbaik agar pelembap wajahmu bekerja sempurna adalah memakainya 3-5 menit setelah selesai mandi. Di kurun waktu tersebut, kulitmu dalam kondisi lembap, sehingga krim pelembap akan mengunci kelembapan itu.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.