Now Reading:
4 Tanda yang Tunjukkan Kalau Kulitmu Termasuk Kulit Sensitif
Full Article 2 minutes read

4 Tanda yang Tunjukkan Kalau Kulitmu Termasuk Kulit Sensitif

iyaa.com | Jakarta: Kulit kita terdiri dari beberapa tipe, salah satunya yaitu tipe kulit sensitif.

Namun terkadang tipe-tipe kulit tersebut punya ciri yang sama. Lantas bagaimana kita membedakan tipe kulit sensitif dan tipe kulit lainnya? Dilansir dari Be Beautiful In, berikut 4 tanda yang tunjukkan kalau kulitmu termasuk kulit sensitif.

1. Cenderung ruam dan bentol
Kalau di wajahmu sering muncul ruam-ruam merah, maka ya, kulitmu merupakan tipe kulit sensitif. Ini terjadi apabila produk kecantikan yang kamu pakai masih tertinggal di kulitmu.

Ruam tentunya tidak nyaman dan tidak enak dilihat. Kalau kamu punya alergi tertentu, kamu perlu ekstra hati-hati. Tunggu 24 jam sebelum kamu mengaplikasikan salep, atau untuk lebih amannya kamu bisa ke dokter.

2. Kulit gatal dan seperti ketarik
Ini merupakan gejala sensitifitas yang disebabkan karena penggunaan air yang terlalu panas. Atau ini bisa juga diakibatkan oleh produk pembersih yang ingredients-nya keras untuk kulitmu. Kamu akan merasa gatal-gatal, bahkan saat udara sedang dingin.

Sebisa mungkin jangan digaruk karena akan menyebabkan iritasi, bahkan infeksi. Konsultasikan masalah ini ke dokter.

3. Kemerahan
Sama seperti sebelumnya, tanda yang umum muncul bagi si kulit sensitif adalah kemerahan. Ini wujudnya bisa berupa ruam, benjolan merah, bahkan pembuluh darah merah yang melebar.

Ini bisa diatasi setelah iritasi ditangani dengan sedikit perawatan. Kalau iritasi sudah hilang, pergi ke dokter dan cari tahu solusinya, karena mungkin saja kamu perlu laser untuk menghilangkan kemerahan tersebut.

4. Breakout
Kulit kering dan sensitif cenderung memproduksi minyak lebih ekstra untuk mengimbangi kurangnya kelembapan kulit. Hasilnya, pori-pori jadi tersumbat dan memicu munculnya breakout. Kalau menggunakan produk khusus acne-treatment, kamu justru akan memperburuk breakout karena kandungan produk itu cenderung keras.

Jadi pergi ke dermatologis dan cari tahu produk apa yang harus kamu pakai. Cari juga cleanser yang gentle, yang mana tidak akan menyebabkan iritasi. Lalu hindari produk yang terdapat kandungan alkohol di dalamnya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.