Now Reading:
Waspada! 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Rusak Rambut
Full Article 3 minutes read

Waspada! 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Rusak Rambut

iyaa.com | Jakarta: Aktivitas sehari-hari yang kita lakukan nampaknya tidak terlihat berbahaya, padahal beberapa diantaranya merupakan penyebab rambutmu rusak loh.

Wah, apa saja ya kebiasaan yang sering kita lakukan tapi nyatanya merusak rambut? Dilansir dari Reader’s Digest, berikut 5 kebiasaan sepele yang bisa bikin rambutmu rusak.

1. Mengatur rambut dengan alat yang suhunya terlalu panas

Foto: Southern Living

Memakai alat untuk mengatur rambut supaya lebih rapi tentu saja boleh, tapi perlu diperhatikan suhunya. Masalahnya kalau terlalu panas maka helaian rambut akan rusak.

“Alat yang panas dapat membuat helaian rambut kering dan menyebabkan rambut mudah patah,” papar hairstylist Liana Zingario.

Jadi sebelum menggunakan alat untuk rambut, Liana menyarankan untuk memakai heat protectant sebelumnya dan atur pengering rambut di temperatur terendah.

2. Berenang

Foto: Swim Outlet

Berenang tentunya sangat menyegarkan dan juga membuat tubuh aktif, tapi berenang juga bisa bikin rambutmu rusak loh. Jawabannya karena kandungan klorin dalam air kolam renang.

“Klorin tidak hanya mengubah warna rambut (apalagi kalau rambutnya blonde), tapi juga dapat membuat rambut jadi kering. Untuk melawan efeknya, aplikasikan masker rambut atau leave-in kondisioner sebelum berenang. Itu akan membuat lapisan antara rambut dan bahan kimia, juga melembapkan dan melindungi rambut dari efek kekeringan akibat kolam renang dan matahari,” ungkap Liana.

3. Biasa mengikat rambut

Foto: Video Blocks

Tak jarang perempuan mengikat rambut mereka saat beraktifitas. Namun kalau terlalu sering dilakukan maka rambutmu akan mudah patah.

“Terus-menerus mengatur rambutmu ke atas atau gaya ponytail dapat membuatnya patah. Kalau kamu ingin ponytail, maka pakai ikat rambut yang bahannya lembut untuk meminimalkan patah,” jelas Liana.

4. Menyisir saat rambut basah

Foto: Live About

Habis keramas kita sering menyisir rambut supaya cepat kering. Padahal hal itu tidak terlalu baik untuk rambutmu loh, apalagi kalau tipe sikatnya rapat-rapat.

Sisir tersebut akan membuat helai rambut tertarik berlebihan, melemah, dan kemudian patah. Supaya itu tidak terjadi, sisir rambutmu setelah kondisinya kering dan sebelum kamu keramas.

5. Keramas berlebihan

Foto: Getty Images

Keramas perlu kita lakukan agar rambut tetap bersih, sehat, dan kuat. Namun kalau kamu berlebihan, maka yang terjadi justru sebaliknya.

“Berlebihan keramas sesungguhnya daoat membuat batang rambut kering dan mengacaukan lapisan luar (atau kutikel) rambut. Jadi kalau ada kontak antara shampoo dan kulit kepala maka bisa memicu iritasi di kulit kepalamu,” jelas Joshua Zeichner.

Kamu boleh keramas setiap hari kalau kamu merasa rambutmu berminyak, tapi kalau tidak maka keramas beberapa hari sekali saja.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.