Now Reading:
6 Ingredients Aneh yang Bakal Kamu Temukan di Produk Kecantikan
Full Article 3 minutes read

6 Ingredients Aneh yang Bakal Kamu Temukan di Produk Kecantikan

iyaa.com | Jakarta: Dunia kecantikan selalu berinovasi. Namun dengan inovasi tersebut, maka tak jarang bahan pembuat yang digunakan cukup aneh, menyeramkan, bahkan sampai menjijikkan.

Penasaran apa saja ingredients aneh yang dipakai untuk produk kecantikan? Dilansir dari Be Beautiful In, berikut 6 ingredients tersebut.

– Lendir siput (snail mucus)

Foto: Pixabay/FatboySlimBiBi

Mendengarnya saja pasti beberapa dari kalian langsung jijik. Tapi jangan salah, soalnya lendir sipit mengandung musin, yaitu kelompok protein yang kaya akan asam amino (umumnya membantu kulit tetap kenyal dan lembut).

Lendir siput juga mengandung glycolic acid, yang dapat mengangkat sel kulit mati, mencerahkan pigmentasi kulit, mengurangi tampilan garis halus, dan meningkatkan tekstur kulit.

– Sengat lebah

Foto: Pixabay/esiul

Meski kedengarannya berbahaya, faktanya sengat lebah baik untuk kulit karena mengandung beberapa enzim dan peptida yang bekerja bersama untuk mengurangi tanda penuaan. Tak hanya itu, sengat lebah juga menstimulasi produksi kolagen sehingga kulitmu akan tetap terjaga kekenyalannya.

– Dinamit

Foto: Mental Floss

Dinamit nampaknya merupakan ingredients paling aneh dan menyeramkan yang ternyata ada di daftar ingredients produk kecantikan.

Tapi kandungan ini benar-benar ada dalam produk kecantikan, yaitu karena tanah diatom-nya. Tanah diatom sifatnya berongga dan keropos, sehingga sering digunakan sebagai agen pengelupasan di berbagai scrub.

– Kumbang Cochineal

Foto: Simple Wikipedia

Serangga satu ini kelihatannya menyeramkan, tapi dia merupakan powerful ingredients dalam kosmetik, terutama untuk menghasilkan warna merah.

Kumbang ini mengeluarkan bahan kimia yang dikenal sebagai carminic acid. Saat carminic acid dicampur dengan garam kalsium maka akan berubah jadi cairan merah yang dikenal sebagai carmine – sesuatu yang sering digunakan dalam lipstik merah.

– Minyak hati ikan hiu (shark liver oil)

Foto: Pixabay/PIRO4D

Shark liver oil dikenal juga dengan squalene, yaitu bahan kimia yang diproduksi oleh makhluk hidup tapi sebenarnya diambil dari hati ikan hiu baru kemudian digunakan dalam produk skincare sebagai pelembap.

Karena kemampuan menghidrasinya, ingredients satu ini sering ditemukan dalam produk lotion atau produk untuk mengatasi gatal dan kulit kering.

– Kotoran burung

Foto: Pixabay/gabicuz

Kalau yang ini sih sudah pasti menjijikkan banget ya. Tapi apapun bisa terjadi dalam dunia kecantikan, termasuk mengaplikasikan kotoran burung ke wajah. Bahan ini umumnya digunakan untuk facial para Geisha.

Facial tersebut biasanya dilakukan dengan menggunakan kotoran burung bulbul. Tapi kenapa efektif untuk kulit? Kotoran burung mengandung nitrogen, yaitu sejenis asam amino yang membantu melembapkan kulit sekaligus mempertahankan elastisitasnya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.