Now Reading:
Peptida, Ingredients di Produk Skincare untuk Atasi Masalah Penuaan
Full Article 2 minutes read

Peptida, Ingredients di Produk Skincare untuk Atasi Masalah Penuaan

iyaa.com | Jakarta: Kalau kamu suka melihat-lihat bagian komposisi bahan di produk skincare, kamu pastinya akan melihat ingredients yang bernama Peptida (peptides).

Tapi kamu tahu gak manfaat peptida dalam produk skincare? Kalau belum tahu, yuk baca ulasan berikut ini.

Apa itu Peptida?
Peptida merupakan pecahan dari asam amino, yang membuat blok bangunan dan membentuk protein di kulit. Maksudnya, saat amino acid membentuk rantai panjang, maka dia menjadi peptida. Setelah jadi peptida dan berkumpul membentuk sebuah blok, maka dia berubah jadi protein.

Foto: Colorescience

Digunakan untuk apa?
Dalam skincare, peptida digunakan untuk membantu memperkuat protein yang secara alami terjadi di kulit, oleh karena itu dapat meremajakan dan mempertahankan kulit.

Tipe peptida yang berbeda punya efek berbeda pula, mulai dari menghilangkan keriput atau memperbaiki fungsi lapisan untuk meningkatkan kekenyalan dan hidrasi.

Beberapa peptida dapat digabung dalam satu produk, dan kebanyakan ada di produk anti-aging. Di dalam produk skincare, ingredients ini biasanya kamu temukan dengan nama “peptide” atau juga nama dengan awalan “palmitoyl”.

Ada pro kontra saat digunakan?
Karena fungsinya untuk memperkuat protein penting di kulit, peptida merupakan ingredients anti-aging yang kuat bagi perawatan harianmu. Karena jenisnya ada banyak, menggabungkan bahan ini dalam satu produk dapat mengatasi masalah spesifik tanda penuaan sekaligus memperkuat fungsi pelindung kulit.

Namun jika bahan ini tidak diletakkan dengan tepat, maka mereka dapat rentan terhadap degradasi dari cahaya dan udara. Banyaknya jenis peptida juga membuatnya sulit digeneralisasikan, tapi beberapa diantaranya dapat menyebabkan iritasi pada tipe kulit tertentu.

Jadi pastikan cari tahu dulu sebelum menggunakannya ya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.