Now Reading:
4 Cara Mencerahkan Bibir Hitam dengan Lemon
Full Article 2 minutes read

4 Cara Mencerahkan Bibir Hitam dengan Lemon

iyaa.com | Jakarta: Ada banyak sebab bibir menghitam, di antaranya ketidakseimbangan hormon, paparan sinar matahari, alergi, merokok, berlebihan konsumsi teh atau kopi, dan penggunaan produk perawatan bibir yang mengandung kimia berbahaya.

Bibir hitam dan kusam bisa membuat kita jadi nggak percaya diri. Tapi tak perlu cemas karena ini biasa diatasi dengan bahan alami, salah satunya lemon. Buah ini dikenal dapat membantu mencerahkan kulit karena kandungan citric acid serta vitamin C.

Dilansir dari DIY Remedies, berikut ini cara memanfaatkan lemon untuk mencerahkan bibir hitam.

1. Air Perasan Lemon
Ambil beberapa tetes dari air perasan lemon, lalu oleskan ke bibir. Pijat-pijat selama beberapa menit. Bilas dengan air setelah 30 menit. Jika bibirmu sensitif dengan lemon, encerkan dulu air perasan lemon dengan air secukupnya.

2. Lemon dan Gula
Gula dapat membantu mengelupas sel kulit mati dan kotoran di bibir. Iris lemon, lalu taburi gula di atas irisan tersebut. Pijat lembut bibir dengan irisan tersebut selama beberapa menit, lalu bilas setelah 15 menit. Lakukan tiga kali seminggu.

3. Lemon dan Yogurt
Asam laktat dalam yogurt membantu mencerahkan bibir gelap. Campur air perasan lemon dan yogurt dengan ukuran yang sama, lalu oleskan ke bibir. Bilas dengan air dingin setelah 20 menit. Bisa juga tambahkan madu ke dalam campuran ini. Lakukan rutin sekali sehari.

4. Lemon dan Timun
Timun juga memiliki kandungan pencerah yang dapat mencerahkan tone kulit. Campur air perasan lemon dan timun dengan ukuran yang sama. Kemudian gosok bibir dengan campuran ini selama 5 menit. Bilas setelah 20 menit. Ulangi tiga kali sehari.

Foto: Freepik @Asier_relampagoestudio

Selain bahan di atas, lemon juga bisa dicampur dengan putih telur, krim susu, pasta bunga mawar, minyak kelapa, dll. Selalu gunakan bahan yang alami dan masih segar. Selalu massage bibir agar campuran ini bisa terserap oleh kulit bibir.

Yang perlu diperhatikan, jangan gunakan campuran lemon ini pada bibir yang pecah-pecah karena bisa menyebabkan iritasi dan sensasi tersengat. Hindari paparan sinar matahari setidaknya selama 3 jam setelah menggunakan lemon untuk kulit.

Jangan lupa rawat bibirmu dengan membersihkan lipstik di bibir sebelum tidur, eksfoliasi secara rutin, minum banyak air, dan konsumsi makanan sehat.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.