Now Reading:
5 Tips Mudah Menjaga Kualitas Produk Skincare Supaya Lebih Awet
Full Article 2 minutes read

5 Tips Mudah Menjaga Kualitas Produk Skincare Supaya Lebih Awet

iyaa.com | Jakarta: Bukan hanya makanan, produk kecantikan pun juga punya tanggal kadaluwarsa loh. Tapi salah pengaplikasian dan penempatan produk bisa membuat usia skincare kamu jadi lebih pendek.

Biar hal itu tidak terjadi, ikuti 5 tips dari Avoskin Beauty ini untuk membuat usia produk skincare kamu lebih panjang dari yang seharusnya.

1. Pakai spatula
Salah satu cara menjaga kualitas produk yaitu dengan menggunakan spatula. Dengan demikian, tangan kamu (yang entah habis menyentuh apa) tidak langsung mengambil isi produk skincare tersebut.

Tapi kalau kamu tidak punya spatula, mengambil isi skincare dengan jari tidak masalah, tapi ingat kamu harus cuci tangan dulu sebelumnya.

2. Tulis tanggal kadaluwarsa produk yang baru dibuka
Tidak sedikit produk skincare yang menulis tanggal kadaluwarsa di plastik botol atau tabungnya. Otomatis saat kita buka, maka plastik beserta tanggal expired-nya akan kita buang.

Alhasil kamu bisa lupa usia skincare tersebut. So, selalu catat tanggal kadaluwarsa produk skincare yang kamu buka ya.

3. Pilih yang kemasannya kecil
Kebanyakan dari kita akan membeli produk berukuran besar karena lebih hemat. Namun kemasan yang besar membuat kita jadi membuka produk tersebut lebih lama dan akibatnya terjadi kontaminasi.

Tak hanya itu, produk kemasan besar juga berisiko membuat formulanya jadi tidak stabil sebelum habis dipakai. Jadi pilih produk yang berukuran kecil, yang mana bisa kamu habiskan dalam waktu 3-6 bulan.

4. Simpan di tempat dingin dan terlindung dari matahari
Usia skincare juga dipengaruhi tempat kita menyimpannya loh. Kalau kamu menyimpannya di kamar mandi, lebih baik dipikir ulang kebiasaan itu karena suhu yang lembap dapat mempengaruhi isi produk.

Sebaiknya letakkan skincare kamu di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung, serta di tempat yang dingin dan sejuk.

5. Perhatikan bahan komposisinya
Ingredients juga mempengaruhi usia skincare loh. Skincare dengan kandungan air rentan terhadap kontaminasi oleh bakteri dan jamur. Sementara produk dengan kandungan antioksidan punya perlindungan ekstra sehingga mampu memperpanjang usia produk skincare.

Produk dengan bahan komposisi yang aktif seperti eksfoliasi, serum, atau krim mata punya sensitivitas tinggi. Artinya saat terekspos ke udara, produk-produk itu mungkin mengalami oksidasi yang mengarah ke penurunan efektivitas produk.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.