Now Reading:
Haruskah Gunakan Handuk Berbeda untuk Wajah dan Tubuh? Ini Penjelasan Ahli
Full Article 2 minutes read

Haruskah Gunakan Handuk Berbeda untuk Wajah dan Tubuh? Ini Penjelasan Ahli

iyaa.com | Jakarta: Kebanyakan orang lebih fokus pada tahap membersihkan wajah. Lalu, bagaimana dengan proses mengeringkannya?

Meski kelihatannya sepele, dua dermatologis ini memaparkan kalau handuk punya peranan penting untuk kecantikan. Dilansir dari Allure, berikut pendapat dermatologis soal handuk untuk membersihkan wajahmu.

Perlukah handuk terpisah?
Jawabannya ya! Kamu perlu menggunakan handuk terpisah untuk wajah dan tubuhmu. Dermatologis bersertifikasi Virginia, Lily Takaloub, memaparkan kalau produk perawatan kulit dapat menyumbat pori-pori.

“Ini bukan hanya soal bakteri atau masalah kebersihan. Produk yang kamu pakai di tubuh seperti pelembap, parfum, dan produk rambut tidak baik jika mereka berakhir di wajah,” ungkap Lily.

“Mereka dapat menyumbat pori-pori, meningkatkan breakout, dan beberapa dapat menyebabkan iritasi atau ruam,” lanjutnya lagi.

Apakah itu karena bakteri?
Ya, sebab mereka dapat bersembunyi di handuk jenis apapun, tidak peduli digunakan untuk apa, mereka dapat meningkatkan resiko infeksi, jerawat, dan iritasi.

“Bakteri, jamur, sel kulit mati, minyak, dan yang lainnya dapat berkumpul di handuk,” terang dermatologis asal New York, Sejal Shah.

Foto: Freebie Photography

Seberapa sering harus mengganti handuk?
Tidak hanya harus memisahkan handuk untuk mengeringkan wajah, kamu juga harus memastikan kalau handuk yang dipakai bersih. Artinya kamu perlu menggantinya dengan yang baru setiap beberapa hari, terlebih kalau kulitmu tipe acne-prone.

“Bagi kulit yang cenderung berjerawat kamu harus mengganti atau mencuci handuk setiap hari karena bakteri dapat transfer dari wajah ke handuk serta sebaliknya,” jelas Lily.

Selain rajin mengganti, simpan handukmu agar bebas dari bakteri dengan memastikannya sudah dalam keadaan kering sebelum kamu menggunakannya kembali. Maksudnya, jangan kamu gantung handuk kamu di kamar mandi, pindahkan ke tempat lain supaya handukmu kering.

“Handuk yang disimpan di kamar mandi, apalagi kalau banyak yang mandi dalam 1 hari, akan tetap lembap yang berakibat ragi dan jamur tumbuh. Simpan handuk di tempat yang kering dengan sedikit kelembapan agar cepat kering,” papar Lily lagi.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.