Now Reading:
Menutupi Jerawat Pakai Makeup? Perhatikan Dulu 7 Hal Ini
Full Article 2 minutes read

Menutupi Jerawat Pakai Makeup? Perhatikan Dulu 7 Hal Ini

iyaa.com | Jakarta: Jerawat di wajah memang bikin nggak nyaman sehingga seringkali kita menyembunyikannya dengan makeup. Tapi menutupi jerawat dengan riasan tebal juga tak boleh asal-asalan loh. Sebab bisa memperparah jerawat.

Makeup artist Allan Avendaño (yang kliennya sederet artis ternama seperti Vanessa Hudgens, Camila Cabello, Sarah Hyland, Joey King, dan Ashley Graham) menyarankan agar kita memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum menutupi jerawat pakai makeup, seperti dilansir dari Elite Daily.

1. Perhatikan kebersihan alat makeup
Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk menutupi jerawat dengan makeup adalah jangan gunakan kuas atau spons kotor. Sebab bakteri bisa menyebar sehingga jerawat semakin meradang.

2. Hindari produk makeup komedogenik
Produk makeup yang komedogenik bisa menyumbat pori-pori yang akhirnya membuat jerawatan. Maka, perhatikan produk makeup-mu apakah ada label non-komedogenik atau tidak.

3. Bersihkan wajah dengan benar
Sebelum mulai menutupi jerawat, bersihkan dulu wajah dengan cleanser, lalu lanjutkan dengan pelembap.

4. Pilih shade concealer yang sesuai skin tone
Jerawat biasanya ditutupi dengan concealer atau fondation. Maka pilihlah shade yang sesuai dengan skin tone wajah. Shade yang tidak cocok atau lebih terang akan membuatnya tampak menonjol. Bukannya menutupi dengan baik, jerawat justru jadi menarik perhatian.

5. Jangan pakai concealer pigmented di seluruh wajah
Selain shade sesuai skin tone, pilih juga concealer yang highly-pigmented dan tahan lama. Tapi pakai concealer ini hanya di area jerawat saja. Untuk bagian wajah yang tidak berjerawat, pakai concealer dengan coverage ringan.

6. Jangan Berlebihan
Agar jerawat tertutupi dengan sempurna, kamu mungkin akan memakai berlapis-lapis concealer. Hal ini tidak baik buat jerawat. Maka minimalkan penggunaan concealer agar tidak tampak kering dan cakey. Setelah menutupi jerawat, lanjutkan dengan aplikasi makeup lainnya, lalu tambahkan coverage lagi pada jerawat jika diperlukan.

7. Pakai translucent setting powder
Setelah concealer, kamu mungkin akan memakai bedak agar jerawat benar-benar tertutupi. Tapi tak perlu berlebihan memakai bedak. Cukup dengan sedikit translucent setting powder dan kamu tak perlu memakai berlapis-lapis beda atau concealer lagi.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.