Now Reading:
Susul Hawaii, Negara Kepulauan Ini Juga Larang Penggunaan Sunscreen
Full Article 50 second read

Susul Hawaii, Negara Kepulauan Ini Juga Larang Penggunaan Sunscreen

iyaa.com | Jakarta: Baru-baru ini penelitian menemukan kalau kandungan beberapa sunscreen berbahaya bagi ekosistem laut, termasuk koral. Karena itulah, Republik Palau atau yang biasa disebut Belau melarang penggunaan sunscreen untuk melindungi koral.

Larangan penjualan dan penggunaan sunscreen yang mengandung daftar sepuluh bahan kimia berbeda sudah ditandatangani menjadi undang-undang oleh presiden Tommy Remengesau awal bulan ini.

Larangan ini akan berlaku efektif mulai tahun 2020 mendatang. Dan bagi yang melanggar akan dikenakan denda sebesar $ 1.000 (Rp14,8 juta).

“Kekuatan untuk menyita sunscreen seharusnya cukup untuk menghalangi penggunaan non-komersial mereka, dan ketentuan ini berjalan dengan keseimbangan yang cerdas antara mengedukasi turis dan menakuti mereka,” papar presiden Tommy Remengesau, dikutip dari BBC, Kamis (1/11/2018).

Ini membuat Palau menjadi negara kepulauan kedua yang menyusul aturan pelarangan sunscreen usai Hawaii.

Dari hasil research yang diterbitkan tahun 2015 lalu, peneliti menemukan bahwa kandungan oxybenzone dan octinoxate dalam sunscreen dapat menyebabkan coral bleaching.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.