Now Reading:
Ini Waktu Ngemil yang Tepat Biar Berat Badan Tak Ikut Naik!
Full Article 2 minutes read

Ini Waktu Ngemil yang Tepat Biar Berat Badan Tak Ikut Naik!

iyaa.com | Jakarta: Ngemil terkadang jadi cara ampuh hilangkan rasa jenuh dan suntuk serta mengisi waktu luang. Tapi hal ini tentunya dihindari bagi mereka yang sedang jalani program diet. Karena kebiasaan ini dipercaya dapat menambah berat badan.

Namun ternyata, bukan hanya karena jenis camilannya yang membuat berat badan meningkat. Kenapa?

Seperti dilansir dari Wanita.me, waktu ngemil yang tak tepat juga membuat berat badan naik. Ngemil di waktu yang tak sesuai dengan ritme sirkadian (jam biologis tubuh) akan meningkatkan kadar gula hingga 18% dan membuat insulin bekerja lebih keras.

Berikut ini waktu yang tepat untuk ngemil biar berat badanmu tak ikut naik:

1. Jarak 2 – 4 jam setelah makan
Ngemil pada rentang waktu 4 jam setelah makan bertujuan untuk menjaga agar tidak makan dalam porsi berlebihan di waktu makan selanjutnya. Karena menahan makan lebih dari 4 jam akan membuat kadar gula dalam darah menurun. Cobalah camilan yang mengandung serat tinggi agar dapat menunda rasa lapar dan memberikan energi pada tubuh.

2. Setelah Beraktivitas lebih dari 1 jam
Misalnya setelah jalani olahraga selama 1 jam. Untuk menggantikan energi yang hilang, diperlukan makanan berkalori dan mengandung protein tinggi. Tapi jika hanya olahraga ringan dan kurang dari 1 jam, sebenarnya tubuh tak memerlukan camilan.

3. Sebelum tidur
Waktu terbaik ngemil ternyata adalah beberapa jam setelah makan malam. Mengkonsumsi camilan sebelum tidur dapat membantumu tidur lebih nyenyak. Asalkan camilan yang dipilih juga sehat dan bukan makanan berat.

4. Setelah sarapan dan sebelum makan siang
Waktu terbaik untuk ngemil selanjutnya ada di pukul 9 – 10 pagi. Dengan syarat, sarapan yang dikonsumsi mencakup karbohidrat, lemak sehat, protein hingga buah dan sayuran.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.