Now Reading:
Zinc Oxide, Kandungan dalam Produk Sunscreen yang Menghalau Sinar UVA/UVB
Full Article 2 minutes read

Zinc Oxide, Kandungan dalam Produk Sunscreen yang Menghalau Sinar UVA/UVB

iyaa.com | Jakarta: Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sunscreen adalah dengan menggunakan produk yang punya kandungan Zinc Oxide di dalamnya.

Kenapa harus ada kandungan itu? Manfaatnya apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini ladies.

Apa itu Zinc Oxide?
Zinc oxide merupakan mineral bubuk putih yang tercipta secara alami maupun sintesis. Kandungan ini digunakan untuk plastik, tekstil, makanan, juga produk kecantikan (khususnya sunscreen).

Gunanya apa?
Zinc oxide umumnya kamu temui di sunscreen anak-anak karena kandungan tersebut paling sedikit menimbulkan reaksi alergi.

Dalam sunscreen, zinc oxide berfungsi untuk membuat lapisan pelindung dan membiaskan sinar UVA/UVB. Zinc oxide juga photostable dan dapat menyerap sinar UVA/UVB, yang artinya ingredients ini menawarkan perlindungan broad spectrum untuk kulit.

Manfaat lain dari kandungan ini yaitu dapat mengurangi jerawat, melembutkan kulit, juga mengurangi peradangan. Zinc oxide juga punya kemampuan menyembuhkan, sehingga kandungan ini juga sering terdapat dalam produk salep penyembuh.

Pro dan Kontra
Zinc oxide sifatnya non-sensitising dan non-comedogenic, tapi dalam beberapa kasus kandungan ini dapat menyebabkan reaksi alergi kecil.

Hal negatif lainnya dari ingredients ini yaitu warnanya yang putih, jadi kalau dipakai tidak dapat menyatu dengan kulit.

Tapi belakangan ini formulanya sudah semakin baik jadi warna putihnya tidak jadi masalah lagi sekarang.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.