Now Reading:
9 Kesalahan yang Sering Dibuat Saat Pakai Pelembap (Bag.1)
Full Article 2 minutes read

9 Kesalahan yang Sering Dibuat Saat Pakai Pelembap (Bag.1)

iyaa.com | Jakarta: Pelembap merupakan produk skincare yang penting. Sayangnya banyak yang melewatkan produk satu ini, apalagi si pemilik kulit berminyak. Padahal pelembap sangat diperlukan agar kulit tidak dehidrasi.

Untuk mendapat hasil maksimal dari pelembap kamu harus mengaplikasikannya dengan tepat. Namun masih banyak perempuan yang salah mengaplikasikan produk ini. Apa saja kesalahan yang sering dibuat saat pakai pelembap? Dilansir dari Self, berikut 9 kesalahan yang sering dilakukan.

1. Tidak dites pas baru beli
Bukan hanya makeup yang perlu dites dengan men-swatch nya di punggung tangan, skincare juga perlu di tes sebelum kamu beli (lalu dipakai) untuk mengetahui adanya reaksi alergi.

Untuk pelembap, dermatologis menyarankan untuk mengetesnya di area leher seminggu sebelumnya. Kalau tidak memungkinkan untuk mengetesnya langsung, kamu harus perhatikan ingredients-nya, apakah ada kandungan yang berpotensi mengiritasi.

2. Memakai pelembap yang tidak sesuai tipe kulitnya
Tak sedikit orang yang memakai pelembap karena sedang hype atau dari rekomendasi teman, bukan karena melihat tipe kulitnya sendiri. Padahal pelembap yang sedang hype atau cocok di kulit temanmu belum tentu bekerja baik di kulitmu sendiri.

Itu sebabnya kamu perlu teliti memilih kandungan yang sesuai dengan tipe kulitmu. Begitu juga dengan tekstur pelembapnya. Kalau kulitmu kering, cari yang ada hyaluronic acid dan ceramide. Kalau berminyak, pilih yang gel atau oil-free. Sementara yang acne-prone, hindari yang bisa menyebabkan breakout seperti alkohol atau petrolatum.

3. Hanya menggunakan face oil
Face oil bagus untuk menghidrasi dan menenangkan kulit kering dan iritasi. Namun bukan berarti face oil bisa jadi pengganti pelembap.

Pelembap mengandung ingredients humektan yang menarik molekul air ke kulit, sementara oil mengandung ingredients emollient yang hanya merawat kulit di permukaan saja.

4. Mengaplikasikan ke kulit yang sudah kering
Waktu terbaik untuk memakai pelembap adalah saat kulit masih lembap, karena kulit yang lembap akan menyerap kelembapan dengan sempurna dan menguncinya untuk waktu yang lama.

5. Salah urutan mengaplikasikan produk
Untuk mendapat hasil yang maksimal dari produk kecantikan, kita pastinya akan memakai beberapa produk, termasuk pelembap. Namun urutan memakainya harus tepat.

Mulai dari produk yang teksturnya ringan sampai yang thick. Misalnya kulitmu sedang berjerawat, yang pertama kamu lakukan adalah mencuci muka, pakai obat jerawat, pelembap, dan terakhir sunscreen.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.