Now Reading:
Mau Rambut Tumbuh Lebih Cepat? Perhatikan 7 Hal Ini
Full Article 2 minutes read

Mau Rambut Tumbuh Lebih Cepat? Perhatikan 7 Hal Ini

iyaa.com | Jakarta: Menumbuhkan rambut dengan cepat bisa dengan memakai produk rambut atau bahan-bahan alami. Namun kamu mungkin merasa sia-sia karena rambut tak kunjung panjang.

Sebelum menyerah, coba perhatikan dulu 5 hal berikut ini seperti disampaikan Dr. Dendy Engleman, MD, dermatolog dari New York, dilansir dari Total Beauty.

1. Cukup Tidur
Kurang tidur dapat meningkatkan kortisol, yakni hormon yang dilepaskan dalam tubuh saat stres. Ini bisa berpengaruh pada kesehatan rambut, di mana rambut bisa menjadi rontok. Maka jika ingin rambutmu tumbuh lebih, tidurlah dengan cukup agar tubuh dan rambutmu tetap sehat.

2. Kurangi stres
Seperti disebutkan sebelumnya, stres bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Rambut akan masuk fase telogen effluvium, yakni rambut mengalami kerontokan sementara. Jika kortisol tinggi, pertumbuhan rambut bisa terganggu.

3. Olahraga
Olahraga tak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga rambut. Begitu pula dengan pijat, akupuntur, atau akupresur. Otot di sekitar folikel rambut menjadi rileks sehingga menyebabkan peningkatan aliran darah. Dan ini baik untuk pertumbuhan rambut.

4. Asupan Zat Besi
Zat besi adalah mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut. Wanita rentan kekurangan zat besi atau anemia karena kehilangan darah saat haid. Maka perhatikan asupan zat besi dalam makanan, yang bisa diperoleh dari sayuran hijau atau daging merah.

5. Pilih Suplemen yang Tepat
Suplemen yang mengandung biotin sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Tapi kalau kamu tak kekurangan biotin dalam tubuh, mengkonsumsi suplemen biotin jadi percuma. Konsultasikan dengan ahlinya jika ingin mengkonsumsi suplemen untuk rambut.

6. Perhatikan Gaya Rambut
Kuncir kuda, kepang, danĀ updo punya efek jangka panjang yakni menyebabkan rambut rontok. Sebab gaya rambut seperti ini cenderung membuat rambut tertarik kuat. Jika merasa sakit kepala atau tak nyaman, itu berarti kuncir kuda atau gaya rambutmu terlalu ketat. Ubah gaya rambut agar folikel bisa beristirahat.

7. Sabar
Hal yang paling sulit dalam perawatan untuk menumbuhkan rambut adalah sabar. Sebab kita biasanya ingin melihat hasilnya secepat mungkin. Padahal pertumbuhan rambut memiliki siklus dan pertumbuhan rambut terjadi di dasar folikel di bawah permukaan kulit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.