Now Reading:
Sudah Benarkah Caramu Menyimpan Parfum?
Full Article 2 minutes read

Sudah Benarkah Caramu Menyimpan Parfum?

iyaa.com | Jakarta: Parfum punya tanggal kadaluarsa. Biasanya ditandai dengan simbol wadah dengan tutup terbuka bertuliskan, misalnya, 24M yang artinya parfum dapat dipakai selama 24 bulan sejak disemprotkan pertama kali.

Meski ada tanggal kadaluarsa, kamu bisa memperpanjang masa pakai parfum jika menyimpannya benar. Dilansir dari perfume.org, ada dua hal perlu diperhatikan, yakni cahaya dan perubahan suhu.

Cahaya
Parfum ada yang hadir dalam botol kaca transparan. Hal ini membuatnya rentan terpapar cahaya. Selama jangka waktu tertentu, paparan cahaya bisa menyebabkan wangi parfum menurun. Maka untuk hasil yang optimal, parfum harus diletakkan tegak berdiri dan disimpan di dalam boksnya.

Atau bisa juga disimpan di dalam lemari yang gelap atau laci. Secantik dan semanis apapun botol parfum yang diletakkan di meja riasmu, cahaya dalam segala bentuknya (terutama sinar matahari langsung) adalah musuh besar parfum. Maka dari itu hindarkan parfum dari terpapar cahaya.

Foto: Pixabay @Hope_first

Perubahan Suhu
Kalau kamu biasa menyimpan parfum di kamar mandi, meski ditaruh di dalam lemari, hal ini tidaklah baik. Sebab perubahan suhu di kamar mandi bisa merusak parfum.

Saat mandi menggunakan shower dengan air dingin dan panas, suhu dan kelembapan kamar mandi akan naik dan turun dalam hitungan menit. Perubahan ini akan menghancurkan molekul parfum dan membuatnya menjadi asam dengan cepat.

Menyimpan parfum di dalam mobil juga tak baik karena mobil mengalami perubahan panas yang ekstrim.

Beberapa parfum akan bertahan lama jika disimpan dengan benar, meski tak ada jaminan mutlak. Tapi dengan mengikuti aturan sederhana ini, kamu bisa menikmati parfum favoritmu lebih lama.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.