Now Reading:
7 Kesalahan Saat Makeup yang Sebenarnya Bukan ‘Kesalahan’
Full Article 3 minutes read

7 Kesalahan Saat Makeup yang Sebenarnya Bukan ‘Kesalahan’

iyaa.com | Jakarta: Memakai makeup merupakan upaya wanita untuk tampil lebih percaya diri lagi. Sayangnya rutinitas ini terkadang bikin frustasi.

Bagaimana tidak, kalau kamu disenggol seseorang saat lagi menggambar cat eyes, pasti kamu akan marah besar lantaran hasilnya berantakan. Alhasil kamu harus mengulang dan menghabiskan waktu lebih banyak lagi.

Tapi sebenarnya ada trik untuk memperbaiki ‘kesalahan’ makeup tersebut loh ladies. Apa saja sih? Dilansir dari The List, berikut 7 kesalahan saat makeup-an yang sebenarnya bukan kesalahan alias bisa kamu perbaiki.

1. Salah beli shade

Foto: Hypebae

Kamu tak perlu terlalu sedih kalau salah beli shade concealer, countour, atau foundation. MUA selebriti Nicki Allure punya cara untuk mengatasi hal itu, yakni dengan menggunakannya untuk berbagai hal, seperti dasar eyeshadow.

Krim countour atau concealer dapat bekerja sebagai primer atau base kelopak mata, sehingga warna shadow akan bertahan lama.

2. Maskara luntur

Foto: VideoBlocks

Kesalahan yang satu ini sering banget terjadi. Lalu bagaimana mengatasinya? MUA Mindy Green merekomendasikan untuk mengatasinya dengan korek kuping untuk mem-blend, lalu gunakan liner untuk membuat efek smokey eyes di bulu mata bagian bawah.

3. Pakai terlalu banyak translucent powder

Foto: Adore Beauty

Untuk memperbaiki sedikit kesalahan dalam makeup, biasanya translucent powder jadi solusi. Namun menggunakan banyak produk tersebut membuat hasil akhirnya jadi tidak seperti yang kita inginkan karena translucent powder membuat efek luminescence.

Kalau sudah terlanjur pakai translucent powder dalam jumlah banyak, MUA Hillary Kline menyarankan untuk menggunakan setting spray yang punya dewy finish untuk menetralkan.

4. Salah urutan

Foto: PopSugar

Supaya hasilnya memuaskan, makeup harus dipakai sesuai urutan dimana primer lebih dulu baru foundation. Namun karena buru-buru bisa saja kamu menuangkan foundation dulu dan bukannya primer. Itu tidak masalah kok.

The London School of Make-Up menyarankan untuk mencampur foundation dengan primer, sehingga hasil akhirnya jadi translucent. Cara ini membuat riasan kamu jadi natural.

5. Serpihan eyeshadow berjatuhan

Foto: Beautylish

MUA Emilie Rudman punya solusi untuk kamu yang mengalami serpihan eyeshadow berjatuhan di pipi. Rupanya kamu hanya perlu mem-blending dengan jari atau brush lembut serpihan eyeshadow tadi di atas tulang pipi dan jadikan sebagai highlighter.

Meski demikian, trik tadi hanya berlaku untuk eyeshadow dengan shade shimmer dan yang warnanya terang. Kamu tidak bisa menggunakannya untuk kasus dengan eyeshadow matte atau warna gelap.

6. Menggambar alis berlebihan

Foto: Galore Mag

Kalau alismu berlebihan, kamu cukup bubuhkan bedak atau menciptakan sedikit definisi dengan pensil kohl. Atau dari saran Hillary, kamu hanya perlu menuangkan sedikit makeup remover ke spons makeup, lalu totolkan di alis yang ingin diperbaiki.

7. Wing eyeliner yang berantakan

Foto: Refinery29

Menggambar wing eyeliner sering bikin frustasi, namun kamu gak perlu sampai stres berlebihan. Emaneula DeFalco menyebut kalau tidak semua wing harus tajam bentuknya, sedikit berantakan juga tidak masalah. Caranya cukup ambil gel liner lalu baurkan dengan brush atau jari.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.