Now Reading:
Jangan Dipakai Bergantian, Berhenti Pinjamkan 6 Produk Ini pada Temanmu!
Full Article 2 minutes read

Jangan Dipakai Bergantian, Berhenti Pinjamkan 6 Produk Ini pada Temanmu!

iyaa.com | Jakarta: Tak jarang kita berbagi sesuatu dengan teman baik, salah satunya produk makeup.

Tapi kamu perlu waspada, karena ada produk yang sebenarnya tidak boleh dipakai bergantian karena akan menyebarkan bakteri. Apa saja produknya? Dilansir dari Marie Claire, ini dia 6 produk yang tidak boleh dipakai bergantian.

1. Produk dalam kemasan jar atau pot

Foto: Palepink Eating Lipstick

Produk dalam kemasan jar atau pot umumnya perlu dicolek untuk mengambil isinya, maka jangan kamu pinjamkan ke teman. Menurut sebuah penelitian, ada hampir 332.000 bakteri yang berbeda secara genetik di tangan manusia, yang termasuk 4,742 spesies yang berbeda.

2. Maskara

Foto: Freepik

Umumnya banyak yang tahu kalau produk ini tak boleh dipinjamkan. Tapi karena ‘teman’, kamu akhirnya oke-oke saja. Padahal lingkungan lembap di maskara jadi tempat berkumpul bakteri. Ditambah lagi mata tidak memiliki lapisan perlindungan yang sama dengan kulit, jadi resiko infeksi semakin besar.

3. Bedak padat

Foto: PopSugar

Produk padat tidak membuat bakteri berkembang biak, namun bukan berarti bakterinya tidak akan transfer. Terutama kalau kamu menggunakan spons makeup yang sama di area mulut atau mata.

4. Pewarna bibir dan lip balm

Foto: Thought Catalog

Jangan sekali-kali meminjamkan produk pewarna bibirmu atau lip balm ke teman. Pasalnya sebagian besar orang membawa HSV-1 (atau dikenal oral herpes) meski mereka tidak mengetahuinya. Tak hanya itu, lipstik termasuk dalam lingkungan lembap seperti maskara. So, bakteri berkembang biak disitu.

5. Eyeshadow cream

Foto: Lily Pebbles

Tekstur yang rekat seperti eyeshadow cream dapat memerangkap dan menjadi tempat berkumpul bakteri, jadi jangan pinjamkan ke teman. Ditambah lagi, umumnya kamu mengaplikasikan ini dengan jari. Berapa banyak kuman di tanganmu yang transfer nanti?

6. Brush makeup

Foto: Style Caster

Umumnya brush digunakan untuk blending, baik powder maupun liquid. Jadi kalau kamu pinjamkan, maka bakteri akan transfer ke kulitmu dan berakibat muncul jerawat. Untuk mencegahnya, semprot dengan produk berbasih alkohol untuk membunuh bakteri.


1 comment

  • 7 Alasan Kenapa Kamu harus Berhenti Saling Pinjam Produk Kecantikan – media.iyaa.com

    […] | Jakarta: Sebelumnya sudah dibahas produk-produk yang sebaiknya jangan dipinjamkan pada teman. Tapi alasannya apa ya, kok kita tidak boleh pinjamkan atau pakai […]

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.