Now Reading:
Berlebihan atau Kekurangan 6 Makanan Ini Sebabkan Masalah Kuku dan Rambut (Bag. 2)
Full Article 2 minutes read

Berlebihan atau Kekurangan 6 Makanan Ini Sebabkan Masalah Kuku dan Rambut (Bag. 2)

iyaa.com | Jakarta: Seperti kulit, makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi kuku dan rambut. Belum ada banyak penelitian tentang dampak sejumlah makanan pada kuku dan rambut. Namun ada beberapa makanan yang perlu kamu waspadai. Jika berlebihan atau kekurangan makanan tersebut, bisa membuat kuku rapuh dan rambut menipis.

4. Vitamin A
Dalam dosis yang sangat tinggi, vitamin A dapat menyebabkan kerontokan rambut. Multivitamin biasanya tidak mengandung jumlah yang berbahaya. Tapi suplemen vitamin A mungkin iya. Ini juga terkait dengan senyawa yang ditemukan dalam beberapa obat, seperti Accutane, yang bisa jadi penyebab kenapa penipisan rambut adalah efek samping dari beberapa treatment.

5. Kekurangan Protein
Karena kuku dan rambut terbuat dari protein, maka jika tidak cukup asupan protein bisa menyebabkan kuku rapuh dan rambut rontok. Biasanya terjadi pada orang dengan keterbatasan diet yang parah atau gangguan makan.

Untuk vegetarian, perlu diingat bahwa protein tak selalu berasal dari daging. Contohnya kacang-kacangan, tahum, bayam, dan lentil. Selain itu ada pula makanan yang mengandung cystine (asam amino yang menciptakan keratin) seperti babi, brokoli, bibit gandum, dan paprika merah.

6. Kekurangan Zat Besi dan Zinc
Ada kesalahpahaman bahwa flek putih pada kuku menunjukkan endapan kalsium. Namun ini sebenarnya merupakan tanda diet kita kekurangan zinc. Zat besi dan zinc terdapat dalam daging merah dan beberapa makanan laut. Bagi vegetarian, zat besi dan zinc dapat ditemukan di beberapa jenis kacang-kacangan.

Bagian sebelumnya, klik link berikut ini.


1 comment

  • Berlebihan atau Kekurangan 6 Makanan Ini Sebabkan Masalah Kuku dan Rambut (Bag. 1) – media.iyaa.com

    […] Berlebihan atau Kekurangan 6 Makanan Ini Sebabkan Masalah Kuku dan Rambut (Bag. 2) […]

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.