Now Reading:
Mendetoks Rambut Sendiri di Rumah dengan 3 Bahan Ini
Full Article 2 minutes read

Mendetoks Rambut Sendiri di Rumah dengan 3 Bahan Ini

iyaa.com | Jakarta: Bukan hanya tubuh dan kulit, rambut juga perlu didetoks. Pasalnya terik matahari dan beragam produk untuk rambut yang biasa digunakan sehari-hari menumpuk di rambut.

Semua bahan itu tidak mudah tersapu air saat dibilas dan akhirnya menumpuk di kulit kepala dan menjadi lapisan yang mana mencegah minyak dan kelembapan penetrasi ke rambut. Akhirnya rambutmu jadi kering, berketombe, dan terlihat kusam.

Maka dari itu perlu untuk mendetoks rambut agar kembali fresh seperti sedia kala. Tapi bagaimana caranya? Dilansir dari Huda Beauty, berikut 3 bahan yang bisa kamu pakai untuk mendetoks rambut di rumah.

– Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)
Sisa produk yang menempel di kulit kepala membuat pH alami rambut berubah dimana cenderung jadi lebih tinggi dari pH normal. Beberapa produk rambut juga punya pH alkaline yang mana dapat membahayakan folikel rambut.

Dengan menggunakan cuka apel, kamu bisa melawan level alkaline dan mengembalikan sinar alami rambut. Cara meraciknya pun mudah. Cukup tuangkan 1/4 gelas cuka apel ke segelas air lalu siram ke rambutmu setelah keramas. Namun pastikan cuka apel yang digunakan benar-benar alami, karena beberapa produk mengandung gula di dalamnya.

– Jus Lemon
Cara kerja jus lemon mirip dengan cuka apel dimana ia akan bekerja untuk menyeimbangkan level pH dengan asam. Menggunakan jus lemon juag baik untuk menghilangkan ketombe. Lemon jus juga bekerja sebagai deep cleanser yang akan membersihkan rambut dan kulit kepalamu serta menghilangkan minyak.

Kamu hanya perlu mencampur perasan satu lemon ke 1/2 liter air. Lalu setelah keramas, siram campuran tadi dari kulit kepala sampai ujung rambut sambil dipijat-pijat. Setelahnya bilas dengan air bersih dan lanjutkan pakai kondisioner.

– Clarifying Shampoo
Kalau kamu ogah ribet, kamu bisa mengatasinya dengan shampoo yang memang dikhususkan untuk itu, yakni clarifying shampoo. Hindari clarifying shampoo yang mengandung sulfat, silikon, dan lilin. Pilih yang mengandung peppermint oils, tea-tree oils, lavender essential oil, charcoal, cuka apel, dan bahan alami lainnya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.