Now Reading:
Bahayakah Sembunyikan Jerawat Dengan Makeup?
Full Article 2 minutes read

Bahayakah Sembunyikan Jerawat Dengan Makeup?

iyaa.com | Jakarta: Jerawat muncul di saat ada acara penting? Kebanyakan dari kamu pasti akan menutupinya dengan makeup, khususnya dengan concealer atau foundation.

Namun pernah gak sih kamu kepikiran, meski bisa menutupi jerawat tapi makeup bikin jerawat tambah parah gak sih?

Dermatologis dari Union Square Laser Dermatology, Shereene Idriss, M.D., memaparkan kalau beberapa komposisi makeup dapat menyumbat pori-pori dan akhirnya memperparah jerawat atau breakout. Itu sebabnya ia menyarankan untuk tidak pakai makeup.

“Ketika kamu lagi breakout, kulit cenderung rentan iritasi dan sensitif. Oleh sebab itu, kalau kamu berani tak pakai makeup sementara waktu untuk mendapat kulit yang baik nantinya, maka aku akan mendukungnya,” papar Shereene, dikutip dari SELF, Jumat (9/11/2018).

Mona Gohara, dermatologis dari Yale School of Medicine juga menyatakan kalau makeup dapat menyamarkan jerawat, namun juga dapat memperparahnya.

“Jerawat disebabkan oleh hormon, produksi minyak, dan bakteri yang meradang. Kalau kamu cenderung berjerawat, makeup dan membuatnya makin parah-terutama oil atau liquid base foundations,” ungkapnya.

Meski bisa memperburuk kondisi breakout, namun diungkapkan dermatologis Kenneth Howe, kamu bisa memakai makeup asalkan produk yang dipakai tepat.

“Aku menyarankan pasien untuk memilih foundation yang seringan mungkin-semakin sedikit liquid makin baik. Aku juga mengingatkan mereka bahwa mereka harus mengurangi pemakaian makeup setelah jerawat hilang,” nasihat Kenneth.

Meski bisa ditutupi dengan makeup, namun semua dermatologis setuju kalau breakout harus ditangani lebih dulu.

“Itu semua dimulai dengan kebiasaan baik, dan merawat kulitmu merupakan prioritas. Cuci muka sebelum tidur dan jika kamu perhatikan kulitmu akan breakout, kurangi pemakaian makeup kamu,” jelas Shereene.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.