Now Reading:
Mengenal Acne Cosmetica, Jerawat yang Muncul Karena Makeup
Full Article 2 minutes read

Mengenal Acne Cosmetica, Jerawat yang Muncul Karena Makeup

iyaa.com | Jakarta: Jerawat bisa disebabkan berbagai hal, salah satunya karena makeup atau kosmetik. Kondisi tersebut dinamakan dengan Acne Cosmetica. Apa sih sebenarnya Acne Cosmetica itu? Ciri-cirinya apa? Bisakah diatasi?

Menurut American Academy of Dermatology, acne cosmetica terjadi saat makeup merupakan penyebab utama jerawat. Siapa saja dapat mengalami masalah ini, termasuk yang tidak pernah jerawatan.

Acne cosmetica biasanya muncul berupa benjolan kecil-kecil di pipi, dagu, serta dahi dan kondisi tersebut butuh waktu untuk muncul dimana bisa muncul hanya dalam waktu beberapa hari sampai muncul 6 bulan kemudian.

Karena waktu kemunculannya bervariasi, maka sulit untuk memutuskan hubungan antara kemunculan jerawat dengan produk spesifik yang menyebabkannya.

Misalnya muncul jerawat baru, kamu pasti akan mengobatinya sekaligus menutupnya dengan makeup (yang kemungkinan jadi pemicu). Berkelanjutan memakai makeup menyebabkan siklus breakout yang terus-menerus.

Cara Mengatasinya:
– Pilih makeup, produk perawatan kulit, serta produk perawatan rambut yang oil-free, non-comedogenic, dan tidak menyumbat pori-pori.

– Cuci muka 2x sehari dengan sabun yang lembut.

– Gunakan ujung jari untuk mencuci dan membilas wajah.

– Aplikasikan makeup dengan lembut untuk menghindari iritasi. Sebaiknya gunakan brush makeup.

– Rajin bersihkan brush makeup dan jangan dipakai bergantian sama teman.

– Obati jerawat.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.