Now Reading:
Jangan Biarkan Rambutmu Kering Alami Setelah Keramas, Ini Alasannya!
Full Article 1 minutes read

Jangan Biarkan Rambutmu Kering Alami Setelah Keramas, Ini Alasannya!

iyaa.com | Jakarta: Hal yang paling menyebalkan setelah keramas adalah menunggu rambut kering. Kebanyakan orang umumnya menunggu rambut kering dengan sendirinya.

Tapi kamu perlu pikir ulang kebiasaan itu deh. Menurut seorang ahli yakni Dr. Tim Moore, membiarkan rambut kering dengan sendirinya ternyata bisa membuat rambut rapuh, mudah patah, dan bercabang.

“Rambut terbuat dari korteks, yang merupakan area yang menarik bentuk rambutmu, dan kemudian kutikula di samping, yang menyerupai genteng,” papar Dr. Tim, dikutip dari Yahoo (7/8/2018).

Saat rambut basah, maka rambut akan mengembang, artinya air akan menekan kutikula, yang mana bisa berakhir membuatnya patah dan rambutmu jadi bercabang.

“Hal lainnya adalah ketika rambut basah maka akan kehilangan kekuatannya. Jadi, rambut setengah kuat saat basah,” lanjut Dr. Tim lagi.

Rupanya saat keramas kita menghapus pelindung alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Lalu setelah keramas dan dibiarkan saja maka mereka berada dalam kondisi rapuh, sehingga berbahaya bagi rambut.

Jadi supaya hal itu tidak terjadi, Dr. Tim menyarankan untuk mengeringkannya dengan hairdryer yang diatur dengan suhu rendah untuk mengeringkan air yang masih menetes, baru kemudian atur suhu hairdryer ke optimal untuk mengeringkannya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.