Now Reading:
5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan
Full Article 2 minutes read

5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

iyaa.com | Jakarta: Apple cider vinegar atau cuka apel mempunyai manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Dilansir dari Total Beauty, berikut ini penjelasannya.

1. Dapat menurunkan berat badan
Jika ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram, cuka apel dapat membantu mengurangi nafsu makan, sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Campur sedikit cuka apel sebagai dressing salad. Atau kalau suka, minum dua sendok makan setiap hari.

2. Efektif sebagai bilasan rambut
Cuka apel efektif sebagai bilasan rambut setelah keramas. Cuka apel menjaga rambut tetap berkilau. Sebab asam asetat dalam cuka apel mampu menembus penumpukan produk di rambut.

Campur 2 sendok makan cuka apel dengan 1 cup air (setara 16 sendok makan). Cuci rambut, lalu tuang campuran cuka apel ke rambut. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas. Atau gunakan botol semprot agar lebih mudah.

3. Sebagai Deodorant Alami
Karena memiliki sifat antiseptik alami, cuka apel bisa membunuh bakteri penyebab bau. Oleskan sedikit cuka apel langsung ke ketiak sebagai deodorant alami.

Cuka apel juga bisa untuk menghilangkan bau kaki. Campur 4 sendok makan cuka apel dengan 4 cup air (setara 940 ml). Rendam kaki selama 15 menit kemudian bilas.

4. Sebagai Toner untuk Kulit Gampang Berjerawat
Selain sifat antiseptiknya, cuka apel juga memiliki anti-inflamasi dan asam asetat yang merupakan pengeksfoliasi ringan. Maka cuka apel efektif sebagai toner untuk mencegah jerawat, mengurangi bekas jerawat, dan menyeimbangkan pH kulit.

Caranya, encerkan cuka apel dengan air. Celupkan kapas, lalu oleskan ke wajah. Bisa juga menambahkan minyak esensial seperti lemon dan witch hazel.

5. Mengobati gigitan serangga dan sengatan matahari
Anti-inflamasi pada cuka apel sangat kuat untuk mengatasi masalah kulit seperti gigitan serangga dan sengatan matahari. Cuka apel dapat mengurangi pembengkakan kulit dan menyejukkan.

Untuk gigitan serangga, basahi kapas dengan cuka apel, lalu oleskan langsung ke kulit. Untuk sengatan matahari, berendamlah di air hangat yang dicampur dengan 1 cup (setara 235 ml) cuka apel.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.