Now Reading:
7 Alasan Kenapa Kamu harus Berhenti Saling Pinjam Produk Kecantikan
Full Article 3 minutes read

7 Alasan Kenapa Kamu harus Berhenti Saling Pinjam Produk Kecantikan

iyaa.com | Jakarta: Sebelumnya sudah dibahas produk-produk yang sebaiknya jangan dipinjamkan pada teman. Tapi alasannya apa ya, kok kita tidak boleh pinjamkan atau pakai barengan?

Dilansir dari Bustle, berikut 7 alasan kenapa kamu tidak boleh saling pinjam produk kecantikan.

– Bergantian pakai makeup mata bikin infeksi mata
Mata merupakan area yang peka/halus/tipis dibanding kulit wajah lainnya, dan mereka juga menyimpan banyak bakteri. Dipaparkan dermatologis Jeanine B. Downie, saling pinjam kosmetik mata dapat memicu terjadinya infeksi. Apalagi untuk si pengguna lensa kontak, sebab bakteri dapat terperangkan di dalamnya.

– Saling pinjam lipstik bikin cold sores/fever blister
Umumnya cewek saling meminjam lipstik, padahal kebiasaan itu bisa bikin kamu terkena cold sores atau fever blister yakni seperti lepuhan kecil di sekitar mulut.

Penyebab cold sores adalah virus, jadi meski kamu tidak punya cold sores tapi kalau temanmu sudah terinfeksi, maka kamu tetap akan terserang cold sores.

– Kamu tidak tahu bagaimana temanmu mengaplikasikan produk
Kamu mungkin selalu meletakan makeup atau skincare dengan baik, lalu tidak lupa membersihkannya, dan selalu mencuci tangan sebelum memakainya ke wajah. Tapi apa temanmu juga melakukan hal itu? So, pikirkan lagi ya.

Foto: Bustle

– Makeup tester jadi sarang bakteri
Untuk mencari tahu makeup yang cocok kebanyakan di toko kosmetik akan disediakan makeup tester. Tapi sebaiknya jangan kamu pakai langsung ke wajah. Pasalnya makeup tester merupakan yang teratas soal penyebaran bakteri di kosmetik.

Jadi kalau kamu ingin mencoba makeup tester, sebaiknya aplikasikan ke punggung tangan. Atau bisa juga pakai korek kuping untuk mengambil warnanya, dibanding langsung menggunakan jari.

– Makeup dapat mengumpulkan bakteri kapan saja
Tutup liptik hilang atau menutup foundation kurang kencang sering dialami cewek-cewek. Padahal hal itu bisa menyebabkan bakteri berkumpul. Dijelaskan Dr. Kelly Reynold, spora jamur ada dimana-mana dan bisa menginfeksi produk makeup kamu.

– Bisa memicu infeksi staph
Beberapa orang merupakan pembawa staphylococcus (staph) dimana mereka punya lebih banyak staph dibanding orang lain. Kamu mungkin tahu kalau kamu tidak membawa staph, namun apa temanmu juga tidak?

Kalau temanmu pembawa staph, maka barang apapun yang kamu pakai bergantian dengannya membuat virus itu akan menyebar ke kamu dan akhirnya kamu jadi terinfeksi staph.

– Bikin breakout
Jerawat mungkin tidak menular, tapi yang pasti itu bikin iritasi. Menggunakan makeup atau aplikator yang sama dapat menyebarkan bakteri penyebab jerawat, sebab jerawat, kotoran, dan minyak orang yang berjerawat tersebut jadi pindah ke wajahmu.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.