Now Reading:
Bahaya, Masker Wajah dari Putih Telur Ternyata Punya Efek Buruk
Full Article 2 minutes read

Bahaya, Masker Wajah dari Putih Telur Ternyata Punya Efek Buruk

iyaa.com | Jakarta: Putih telur sangat populer sebagai salah satu bahan DIY masker wajah. Putih telur dipercaya mampu menghaluskan wajah dan mengangkat komedo. Namun apakah putih telur aman untuk wajah?

Dua Kandungan Penting Putih Telur
Dilansir dari The Derm Review, putih telur mengandung kolagen dan protein, yang mana dua bahan ini mampu mengatasi kulit iritasi, meningkatkan dan menjaga elastisitas kulit sehingga garis halus dan keriput berkurang.

Sayangnya, kolagen dalam telur tak bisa meresap ke dalam kulit. Sehingga manfaat masker putih telur hanya sementara saja.

Efek Samping Putih Telur
Jika kamu berkulit sensitif, ingatlah bahwa putih telur juga mengandung vitamin A, yang mana bisa menyebabkan breakout dan meningkatkan sensitifitas pada kulit.

Membuat sendiri masker wajah dari putih telur berdasarkan resep yang beredar di dunia maya pun tak baik. Sebab kita tak tahu bahan-bahan yang digunakan apakah bisa berdampak baik atau buruk untuk kulit.

Pada kulit yang gampang berjerawat, masker putih telur bisa menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko breakout.

Efek samping lainnya adalah tersebarnya bakteri ke kulit wajah. Sebab putih telur mentah juga mengandung salmonella, bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

Selain itu, masker putih telur juga bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. Apalagi bila dicampur dengan air perasan lemon.

Rekomendasi
Meski putih telur kaya nutrisi, molekulnya terlalu besar untuk bisa penetrasi ke lapisan kulit. Maka lebih baik memakan putih telur daripada mengaplikasikannya langsung ke wajah. Gunakan saja serum wajah sebagai gantinya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.