Now Reading:
Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Picu Timbulnya Bacne
Full Article 2 minutes read

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Picu Timbulnya Bacne

iyaa.com | Jakarta: Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tetapi juga di bagian lain tubuh yang memiliki folikel rambut dan sebum, seperti punggung. Jerawat ini biasanya disebut jerawat punggung atau back acne (bacne).

Sama seperti jerawat di wajah, bacne juga bisa mengganggu. Sebelum mengobatinya, kamu perlu mengetahui penyebabnya. Berikut ini lima kebiasaan pemicu bacne, dilansir dari Total Beauty.

1. Penggunaan krim dan lotion berbasis minyak
Heavy cream dan lotion beraroma bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Produk menumpuk sehingga memicu timbulnya jerawat. Jika mengalami bacne, pilih lotion yang oil-free dan fragrance-free, serta berlabel non-comedogenic.

2. Tidak mandi setelah berolahraga
Setelah berolahraga, badan pasti berkeringat terutama punggung. Hanya mengelap badan dan ganti baju tak cukup untuk menyingkirkan keringat dan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Maka, mandilah seusai berolahraga.

3. Membawa beban berat di punggung
Gesekan yang disebabkan penggunaan tas ransel berat juga bisa menyebabkan bacne. Kondisi ini, acne mechanica, dipicu oleh tekanan yang berlebihan. Mirip seperti iritasi saat memakai sabuk ketat atau alat olahraga. Jika mungkin, jangan membawa tas berat di punggung untuk sementara dan lihat apakah bacne menghilang.

4. Pakai shampo dan kondisioner yang mengiritasi
Produk rambut juga bisa menyebabkan bacne. Sebab saat dipakai, shampo dan kondisioner bisa menetes ke punggung, dan jika tidak dibersihkan dengan benar bisa menyebabkan iritasi atau penyumbatan pori-pori. Cek apakah produk rambutmu mengandung pore-clogging ingredients, seperti sodium lauryl sulfate, sodium laureth sulfate, dan beberapa minyak.

5. Tidur di seprai yang lama tidak dicuci
Keringat, kotoran, dan hal jorok lainnya bisa menumpuk di seprai. Sama seperti sarung bantal yang bisa menyebabkan jerawat di wajah, begitu pula seprai yang kotor. Perhatikan juga handuk. Maka gantilan seprai dan handuk secara rutin.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.