Now Reading:
Cara Mengatasi 3 Masalah Kulit Bagi Ibu Hamil
Full Article 2 minutes read

Cara Mengatasi 3 Masalah Kulit Bagi Ibu Hamil

iyaa.com | Jakarta: Kehamilan merupakan momen bahagia bagi para wanita, meski ada juga kesulitannya seperti mood swings, ngidam, dsb.

Fase kehamilan setiap orang berbeda, namun yang umumnya dialami yaitu perubahan signifikan pada kulit dengan munculnya 3 masalah kulit ini. Apa saja masalah kulit yang umum dialami ibu hamil? Bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari Be Beautiful In, berikut jawabannya.

– Breakout
Di trimester pertama dan kedua, ibu hamil biasanya mengalami breakout lantaran hormon yang sedang kacau atau melonjak yang disebut androgen. Hal itu menyebabkan kelenjar kulit secara signifikan meningkatkan produksi sebum, dan bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu peradangan atau jerawat.

Solusinya yakni pastikan selalu mencuci muka 2x sehari. Lalu gunakan skincare dan makeup yang non-comedogenic. Bisa juga dengan maskeran pakai bahan alami dari multani mitti, jus timun, dan lemon. Kombinasi itu akan menyeimbangkan produksi sebum yang berlebih dan menenangkan kulit.

– Stretch marks
Perut yang makin membesar dalam proses kehamilan tentu menyebabkan perut jadi meregang sehingga menghasilkan stretch marks. Studi juga menunjukkan kalau 90% wanita mengalami hal ini.

Solusi untuk menyamarkannya yaitu dengan mengoleskan olive oil atau minyak zaitun. Minyak yang satu ini kaya akan kandungan vitamin E yang akan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu minyak zaitun juga membuat kulit tetap lembap dan mencegah iritasi apapun.

– Pigmentasi
Kalau sedang hamil dan tiba-tiba menemukan bintik hitam, maka itu yang dinamakan melisma. Melisma merupakan masalah kulit yang umum selama proses kehamilan yang mana dipicu oleh perubahan hormon.

Produksi melanin yang terstimulasi memunculkan bintik hitam di kulit, terutama sekali di area yang terekspos sinar matahari.

Untuk mengatasinya jangan lupa pakai sunscreen yang SPF 30. Lalu bisa juga mengatasinya dengan mengoleskan jus lemon ke area bintik hitam. Lemon akan berperan sebagai pemutih alami sehingga dapat mengurangi pigmentasi.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.