Now Reading:
Kulit di Sekitar Hidung Lebih Kering, Ternyata Ini 5 Penyebabnya!
Full Article 2 minutes read

Kulit di Sekitar Hidung Lebih Kering, Ternyata Ini 5 Penyebabnya!

iyaa.com | Jakarta: Pernah kamu perhatikan area di sekitar hidung kamu lebih kering dibanding area wajah lainnya, bahkan sampai kulit seperti mengelupas?

Kondisi tersebut sebenarnya tidak mengganggu, namun bikin tanganmu gatal ingin menghilangkannya, yang akhirnya justru bikin iritasi bahkan luka. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Dilansir dari Avoskin Beauty, rupanya 5 hal ini yang menyebabkan kulit di sekitar hidung lebih kering.

1. Kurang atau berlebihan pakai pelembap
Pelembap penting untuk jenis kulit apapun, namun jangan asal memakainya. Perlu diperhatikan takarannya supaya tidak terlalu sedikit atau justru kebanyakan. Kurang atau berlebihan pakai produk skincare juga memicu munculnya garis halus di wajah.

2. Terlalu sering eksfoliasi
Segala sesuatu tidak boleh berlebihan, termasuk eksfoliasi kulit. Melakukan eksfoliasi terlalu sering justru bikin kulit jadi kering, mengelupas, dan bahkan sampai iritasi.

Foto: Freepik/Nensuria

3. Skincare ‘tersangkut’ di wajah
Produk skincare yang dipakai ke wajah mudah untuk tersangkut di pori-pori kulit, apalagi di area hidung. Formula produk yang kering dapat membuat lebih buruk kondisi kulit kering di sekitar hidung.

Produk dengan kandungan aktif, seperti retinol, dalam jumlah besar kadang berkumpul dan mengendap di kulit. Ini menyebabkan produk menjadi terlalu keras untuk kulit dan dapat memicu alergi sehingga menyebabkan kulit di sekitar hidung kering.

4. Alergi
Kalau kamu mengalami alergi, area sekitar hidung akan jadi lebih kering dari biasanya, terlebih kalau reaksi alerginya bikin bersin dan hidung gatal sehingga ingin digosok terus.

Dan ini disebabkan karena minyak alami kulit hilang dan menghilangkan pelembap yang kamu pakai sebelumnya.

5. Cuaca
Baik cuaca panas atau hujan bisa bikin kulit juga kering loh, terutama daerah hidung. Kondisi itu terjadi karena minyak di area hidung menghilangkan sunscreen yang sudah dipakai.

Karena sunscreen terhapus maka kulit sekitar hidung jadi lebih sensitif dibanding area lainnya saat terekspos sinar UV atau udara dingin. Akhirnya area hidung jadi lebih kering dan terkelupas.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.