Now Reading:
Kenali 4 Tanda Kalau Produk Kecantikanmu Tak Cocok di Kulit
Full Article 2 minutes read

Kenali 4 Tanda Kalau Produk Kecantikanmu Tak Cocok di Kulit

iyaa.com | Jakarta: Kulit setiap orang bereaksi berbeda terhadap produk skincare. Maka suatu produk bisa cocok untuk orang lain, tapi tidak untuk kita.

Namun kita mungkin tak selalu sadar jika kulit kita ternyata tak cocok memakai produk tersebut. Untuk mengetahuinya, berikut ini tanda-tanda atau reaksi kulitmu jika tak cocok dengan skincare yang kamu pakai, dilansir dari Total Beauty.

1. Wajah Memerah
Saat mencoba produk baru, semisal toner, wajahmu langsung memerah atau terasa gatal. Ini pertanda kulitmu mengalami alergi. Segera bersihkan wajah dari produk dengan cleanser untuk kulit sensitif untuk mencegah iritasi lebih lanjut. Namun reaksi hipersensitif juga bisa muncul beberapa hari atau minggu kemudian. Jika terlihat ada benjolan setelah sepekan penuh, segera hentikan pemakaian dan konsultasi dengan dokter.

2. Bibir Pecah-Pecah
Lip balm atau lipstik juga menimbulkan reaksi pada bibir jika tak cocok, seperti bibir pecah-pecah. Namun hal ini justru membuat kita semakin rajin mengoleskan lip balm untuk mengatasinya. Padahal bisa jadi lip balm tersebut sebenarnya tak bagus buat bibir kita. Jika ada kemerahan, terasa kering, dan bibir mengelupas selama beberapa hari, hentikan pemakaiannya.

3. Kulit Membengkak
Produk-produk tertentu seperti krim retinol dapat menyebabkan breakout selama beberapa minggu sebelum terlihat hasilnya. Namun jika kulit membengkak setelah pemakaian, produk tersebut berarti tak cocok di kulitmu. Pori-pori atau kulit yang membengkak menjadi tanda bahwa kulitmu alergi. Jika ini terjadi, hentikan pemakaian dan konsultasi dengan dokter.

4. Kulit Menjadi Lebih Berminyak
Terutama buat wajah yang gampang berjerawat, sebaiknya selektiflah memilih produk kecantikan yang bisa membantu mencegah jerawat, komedo, atau kotoran lainnya. Kulit memproduksi pelembap sendiri dalam bentuk sebum dari kelenjar minyak. Maka jika menggunakan produk yang memiliki konsentrasi minyak yang tinggi, kulit akan menjadi lebih berminyak.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.