Now Reading:
4 Bahan Alami yang Efektif untuk DIY Skincare
Full Article 2 minutes read

4 Bahan Alami yang Efektif untuk DIY Skincare

iyaa.com | Jakarta: Selain dengan produk kecantikan yang bisa dibeli di pasaran, perawatan wajah juga bisa dilakukan dengan skincare buatan sendiri. Dengan bahan alami yang tepat, DIY skincare pun akan memberi hasil yang bagus.

1. Deep cleansing dengan madu
Dilansir dari Total beauty, Kandungan anti-bakteri di dalam madu sangat baik untuk membersihkan kulit. Maka madu cocok dijadikan deep cleanser.

Basahi wajah dengan air hangat. Kemudian pijat wajah dengan 1 sdt teh madu dengan gerakan memutar. Biarkan madu sebagai masker untuk membantu membersihkan pori-pori selama 5-10 menit. Sebagai tambahan, letakkan potongan timun di atas mata selama menunggu. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.

2. Cuka apel sebagai toner
Cuka apel (apple cider vinegar) dapat membantu menyeimbangkan dan mengembalikan kadar pH alami kulit. Cuka apel juga membantu mencegah jerawat dan jaringat parut yang menyertainya.

Untuk membuat toner dari cuka apel, encerkan 2 sdt cuka apel dengan semangkuk air, lalu tuang campuran ini ke spray bottle. Jika mau, tambahkan beberapa tetes tea trea oil atau lavender oil sebagai pewangi. Cukup semprotkan ke wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan mengering sendiri sebelum berlanjut ke tahap skincare-mu berikutnya.

3. Minyak kelapa atau jojoba oil sebagai pelembap
Beberapa tetes minyak kelapa dapat membuat kulit menjadi super lembut. Cukup hangatkan minyak kelapa di telapak tangan, lalu pijat wajah dengan lembut. Namun bagi yang acne-prone, minyak kelapa tak akan cocok karena comedogenic. Alternatifnya adalah jojoba oil.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pelembap untuk tubuh. Pijat tubuh dengan minyak kelapa di bagian tubuh yang butuh kelembapan.

4. Mengobati jerawat dengan tea tree oil
Tea tree oil memiliki kandungan anti-mikroba dan anti-jamur, sehingga bagus untuk mencegah dan mengobati jerawat. Tambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam face wash atau toner, atau campur dengan carrier seperti minyak kelapa. Tea tree oil juga bisa langsung diaplikasikan ke jerawat sebagai spot treatment.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.