Now Reading:
5 Manfaat Jahe untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
Full Article 2 minutes read

5 Manfaat Jahe untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

iyaa.com | Jakarta: Jahe telah lama digunakan sebagai bumbu masakan dan untuk mengobati masuk angin, serta sebagai campuran minuman untuk menghangatkan tubuh. Namun tak hanya itu saja, jahe juga banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

1. Memudarkan Bekas Luka
Dilansir dari Byrdie, jahe punya kandungan toning dan antioksidan yang dapat mengurangi tampilan bekas luka yang hipopigmentasi (seperti bekas luka yang berwarna putih atau jauh lebih terang dari warna kulit).

Cukup oleskan irisan jahe ke area bekas luka, dan biarkan air jahe mengering. Lakukan sekali atau dua kali setiap hari untuk melihat perubahannya.

2. Meremajakan Kulit
Baik dikonsumsi atau diaplikasikan langsung secara topikal, jahe bermanfaat dalam anti-aging. Jahe memiliki sekitar 40 kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi kulit dari penuaan. Jahe juga mampu mencerahkan warna kulit dan meningkatkan elastisitas.

Campur parutan atau bubuk jahe, madu, air perasan lemon segar dalam jumlah yang sama untuk dibuat masker. Oleskan ke wajah, diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Lakukan dua kali seminggu.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut
Jahe meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin, mineral, dan asam lemak dalam jahe juga memperkuat rambut dan mengatasi kerontokan.

Campur jahe yang diparut dan jojoba oil dalam jumlah yang sama, kemudian pijat ke kulit kepala. Setelah 30 menit, bilas dengan shampo seperti biasa.

4. Mengatasi Ketombe
Sifat antiseptik jahe membuatnya menjadi obat yang baik untuk mengatasi ketombe. Pijat kulit kepala dengan minyak jahe atau campuran dari 2 bagian jahe yang diparut dan 3 bagian minyak zaitun atau minyak wijen. Biarkan selama 15-25 menit, lalu bilas. Lakukan setiap dua minggu sekali.

5. Mengurangi Selulit
Selain untuk detoksifikasi, jahe juga dikenal bisa mengurangi selulit. Gunakan jahe sebagai body scrub. Caranya, campur 8 sdm gula, 3 sdm minyak zaitun, 2 sdm jahe yang diparut, dan air perasan dari 1 buah lemon. Simpan sisanya hingga seminggu di dalam kulkas.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.